Pemkot Depok Akan Bangun Pasar Rakyat Senilai Rp10 Miliar

Maket Pasar Rakyat Sawangan yang rencananya akan dibangun tahun ini.

MONITOR, Depok – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) akan merealisasikan rencana pembangunan gedung pasar rakyat di wilayah Kecamatan Sawangan tahun ini.

Pembangunannya menggunakan bantuan dana pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebesar Rp 10 miliar dari Pemerintah Provinsi Jawa barat (Jabar).

Kepala Bidang Sarana dan Bina Perdagangan, Disperdagin Kota Depok, Diana Puspitasari mengatakan, rencana pembangunan pasar akan memanfaatkan lahan milik Pemkot yang tergabung dengan Sub Terminal di Perumahan Sawangan Permai. Lahan tersebut, lanjutnya, juga telah memiliki surat izin pembangunan.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan camat dan lurah setempat, dan akan segera dilanjutkan sosialisasi ke warga tentang rencana proses pembangunan pasar di sana,” katanya saat dikonfirmasi di Balai Kota, Rabu (06/01).

Dia menuturkan, pihaknya akan menunggu pencairan anggaran tersebut masuk ke kas daerah. Setelah itu baru dilakukan proses lelang.

“Rencananya dibangun pasar seluas 3.000 meter persegi seperti Pasar Sukatani,” tuturnya.

Diana berharap, keberadaan Pasar Sawangan dapat menjawab kebutuhan masyarakat yang mengharapkan adanya pasar tradisional di wilayah tersebut. Sebab mayoritas warga di sana belanja kebutuhan sehari-hari di Pasar Ciputat dan Parung, Bogor.

“Pasar Sawangan di wilayah barat disiapkan untuk mengimbangi jumlah pasar yang saat ini banyak berada di Depok wilayah timur,” pungkasnya.