Koramil Tomia Bantu Warga Perbaiki Rumah yang Diterjang Puting Beliung

Selain rumah warga, angin puting beliung juga merusak sejumlah fasilitas.

Jajaran Koramil 1413-08/Tomia saat membantu warga yang terkena imbas Puting Beliung di Desa Kollosoha, Wakatobi, Sultra, Selasa (5/1/2021). (Penrem 143/HO)

MONITOR, Jakarta – Tidak saja memperbaiki rumah warga yang rusak akibat angin puting beliung di Desa Kollosoha, jajaran Koramil 1413-08/Tomia yang dipimpin Kapten Inf Usman Bora juga membuka akses jalan desa yang tertutup akibat runtuhan pohon.

“Aksi sigap Koramil Tomia ini langsung dipimpin oleh Danramilnya, Kapten Inf Usman Bora, bersama dengan aparatur pemerintah dan warga setempat,” ungkap Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 143/HO, Mayor Arm Sumarsono, dalam keterangan tertulis kepada MONITOR, Jakarta, Rabu (6/1/2021).

Sesuai informasi yang diterima dari Danramil, Sumarsono menyatakan bahwa selain rumah warga yang rusak, angin puting beliung juga merusak sejumlah fasilitas berupa base camp proyek pelabuhan ferry, gudang dan tempat parkir Marine Dive resort serta empat unit perahu nelayan.

“Beruntung dalam musibah yang terjadi pada Selasa (5/1/2021) pukul 05.00 Wita di Desa Kollosoha itu tidak menimbulkan korban jiwa, sedangkan kerugian materiilnya sendiri sampai saat ini belum bisa ditaksir,” ujarnya.

“Tujuh unit rumah rusak, beberapa fasilitas umum dan banyak pohon tumbang yang menutup akses jalan,” kata Sumarsono melanjutkan.

Sumarsono menyampaikan, Danramil mengajak seluruh anggotanya bersama masyarakat untuk saling bergotong royong baik dalam proses pembukaan akses jalan maupun perbaikan rumah warga dan fasilitas yang rusak. 

“Semoga dengan peran serta seluruh pihak, jajaran Kodim 1413/Buton ini dapat segera membantu warga Sultra (Sulawesi Tenggara) di wilayah Wakatobi ini,” ungkapnya.