Jokowi: Tahun 2021, Pemerintah Akan Gelar Vaksinasi Massal

Presiden RI Joko Widodo/ dok: IG Jokowi

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo menyadari hampir sebagian besar tahun 2020 dipenuhi tantangan dan ketidakpastian. Ia mengatakan pandemi Covid-19 telah mengubah tatanan kehidupan masyarakat seluruh dunia.

“Hari ini, kita memasuki tahun 2021 dengan langkah yang lebih tegap. Pembelajaran yang mahal, pengorbanan yang tiada tepermanai selama berbulan-bulan dalam pandemi, membuat kita lebih siap,” ujar Jokowi dalam keterangannya, Jumat (1/1/2021).

Meninjau persiapan pemerintah, Jokowi menjelaskan bahwa pihaknya sudah mengamankan pasokan vaksin dari Sinovac, Novavax, AstraZeneca, dan BioNTech-Pfizer. Untuk itu, dirinya memastikan vaksinasi akan digelar secara massal di tahun ini.

“Tahun ini, jika tak ada aral melintang, pemerintah akan menggelar vaksinasi massal Covid-19 kepada masyarakat,” tegas Jokowi.

Selain itu, di saat yang sama, pemerintah melanjutkan program perlindungan sosial berupa program kartu sembako, Program Keluarga Harapan, bansos tunai, Kartu Prakerja, Dana Desa, dan diskon listrik untuk masyarakat yang membutuhkan.