Dukung Samarinda Menjadi Kota Cerdas, Pertamina Resmikan Program Pojok Baca

MONITOR, Samarinda – PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) VI Kalimantan melaksanakan dan meluncurkan Program Pojok Baca dibarengi dengan Gerakan “Ayo Membaca Di Perpustakaan” di Kelurahan Teluk Lerong Ulu (TLU), Jl. Cendana Kecamatan Sungai Kunjang pada Rabu (30/12) lalu.

Acara peluncuran program dihadiri oleh Asisten III Pemkot Samarinda, Ali Fitri Noor, Plh Kepala Dinas Perpustakaan Samarinda, Nurhikmah, Camat Sungai Kunjang, Jumar, Lurah Teluk Lerong Ulu, Rusmin Nuryadin, serta perwakilan dari lembaga-lembaga di Kelurahan TLU.

Ali Fitri saat meresmikan Program Pojok Baca mengucapkan terima kasih kepada Pertamina yang telah menyalurkan program ini sebegai bentuk dukungan terhadap Kota Samarinda yang dicanangkan sebagai kota cerdas oleh Pemkot Samarinda.

“Semoga langkah Pertamina ini banyak diikuti perusahaan-perusahaan lainnya di Samarinda” terang Ali.

“Program yg dilakukan oleh Pertamina secara tidak langsung mendukung salah satu Visi Pemerintah Kota Samarinda dan satu sasaran target dari Pemerintah Kota 5 tahun kedepan yakni menjadi Kota Cerdas. Selain itu Samarinda juga disiapkan sebagai penyangga Ibu Kota Negara,” tambahnya.

Menurut data yang dihimpun oleh Pemkot Samarinda bahwa minat baca masyarakat kota termasuk Samarinda masih sangat rendah sehingga perlu aksi untuk meningkatkan minat baca yang dimulai sejak dini.

“Pemkot Samarinda bahkan akan mengeluarkan Peraturan Walikota yang mengatur agar setiap kantor pemerintahan di lingkungan Pemkot Samarinda mempunyai Pojok Perpustakaan,” terang Ali.

Satriyo Hadi Wibowo, Fuel Terminal Manager Samarinda yang mewakili Pertamina menerangkan kegiatan CSR Ayo Membaca ini merupakan kegiatan CSR terprogram yang menjadi penutup di tahun 2020 ini, sebelumnya Pertamina sudah menyalurkan program Kampong Sehat Posyandu, Kampung Tangguh Covid-19, Kampung Sehati, Kampung Safety dan Pelatihan Keterampilan Ekonomi Kreatif.

“Semuanya itu merupakan wujud dari sinergitas yang solid dan kolaborasi yang baik antara Pertamina, pemerintah dan masyarakat sehingga kita bisa sama-sama saling menjaga dan mendukung support, satu sama lain,” tutur Satriyo.

Dalam mendukung gerakan Ayo Membaca ini Pertamina menyiapkan ruang Pojok Baca yang dilengkapi dengan koleksi buku menarik berkualitas dan fasilitas Internet yang bisa digunakan untuk melihat dunia lebih luas.

“Jika ada pelajar yang kesulitan kuota internet bisa datang ke sini sambil nongkrong positif di Pojok Perpustakaan,” sambung Satriyo.

“Semoga apa yang telah dibantu oleh Pertamina dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan membantu untuk meningkatkan minat baca masyarakat terutama kalangan pelajar,” ungkap Unit Manager Communication, Relations & CSR Kalimantan Pertamina MOR VI, Susanto August Satria.

Satria menambahkan Fuel Terminal Samarinda milik Pertamina ini berada ditengah masyarakat Samarinda yaitu Kelurahan Teluk Lerong Ulu dan melalui unit kerjanya Pertamina berkomitmen berkolaborasi dengan pemangku kepentingan dan masyarakat sekitar untuk menyalurkan energi baik bermanfaat bagi semua.

“Energi baik harus ditularkan, seperti halnya masyarakat Samarinda yang selalu senantiasa mendukung kegiatan operasi FT Samarinda yang dulu disebut Terminal BBM Samarinda,” tutup Satria.