Danrem 174: Kami Akan Selalu Siap Menjaga Kondusifitas Boven Digoel

Hal itu disampaikan Bangun saat meninjau pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di Boven Digoel

Danrem 174/ATW, Brigjen TNI Bangun Nawoko. (Istimewa)

MONITOR, Boven Digoel – Komandan Korem (Danrem) 174/Anim Ti Waninggap (ATW) Merauke, Brigjen TNI Bangun Nawoko, mengungkapkan bahwa pihaknya akan selalu membantu menjaga kondusifitas di wilayah Kabupaten Boven Digoel, Papua.

Hal itu disampaikan Bangun bersama Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw saat meninjau pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di wilayah perbatasan RI-Papua Nugini (PNG) tepatnya di Kabupaten Boven Digoel yang dilaksanakan pada Senin (28/12/2020) sesuai keputusan KPU RI pascapenundaan pelaksanaan pilkada tersebut.

Bangun menyanpaikan, selama pemantauan langsung pelaksanaan pilkada tersebut, situasi yang terlihat cukup kondusif, lancar dan aman.

Setibanya di Bandara Tanah Merah, rombongan Kapolda Papua dan Danrem Merauke disambut langsung oleh Dandim 1711/BVD Letkol Czi Daniel Panjaitan, Danyon Satgas Pamtas RI-PNG Letkol M. Radhi Rusin, Kapolres Boven Digoel AKBP Syamsurizal, Ketua DPRD Kabupaten Boven Digoel Atanasius Koknak dan Kakesbangpol Marthen Rupombo.

Selanjutnya, rombongan melaksanakan pengecekan personel TNI-Polri yang sudah ditempatkan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berada di wilayah Kota Tanah Merah. 

“Keberadaan Kapolda dan saya di Kabupaten Boven Digoel merupakan wujud perhatian yang sangat besar dari TNI-Polri khususnya tentang keamanan dan ketertiban masyarakat dalam Pesta Demokrasi,” ungkap Danrem 174/ATW, Brigjen TNI Bangun Nawoko, dalam keterangan resminya, Jakarta, Selasa (29/12/2020).

Pelaksanaan tugas perbantuan TNI kepada Polri dalam rangka pengamanan jalannya pilkada merupakan tugas yang diamanatkan oleh undang-undang.

“Apapun yang diminta oleh Kapolda dan  Kapolres kami akan selalu siap untuk mendukung penuh demi menjaga kondusifitas wilayah Boven Digoel saat ini, siapapun pemimpin yang terpilih nanti, itu merupakan pilihan rakyat dan harus kita terima dengan suka cita,” ujar Bangun.