Resmikan Lapangan Latih JIS, Anies Sebut Jakarta Bakal Punya Stadion Kelas Dunia

"Alhamdulillah sebuah milestone telah kita jangkau“

Stadion JIS di kawasan pesisir Jakarta Utara. (Istimewa)

MONITOR, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, meresmikan lapangan latih Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, Senin (28/12/2020.

Orang nomor satu di DKI Jakarta itu pun mengungkapkan bahwa lapangan latih JIS tersebut nantinya akan menjadi stadion berkelas dunia.

“Alhamdulillah sebuah milestone telah kita jangkau. Hari ini kita sama-sama menyaksikan peresmian lapangan latih Jakarta International Stadium. Dua bulan lalu, saya datang ke lapangan latih ini, menyaksikan dari dekat kualitas rumputnya dan kualitas perancangannya,” ungkapnya dalam konferensi pers virtual, Jakarta, Senin (28/12/2020).

Anies menyampaikan, hadirnya JIS ini, bukan saja memfasilitasi kegiatan olahraga saja, tapi juga akan memfasilitasi bertemunya semua unsur yang ada di Jakarta, di sekeliling Jabodetabek bahkan mungkin tingkat nasional dan internasional karena sepak itu bola mempersatukan.

“Dan alhamdulillah kita bukan saja bersyukur bahwa ini tuntas, tapi kita juga bangga karena Jakarta lewat stadion latih ini sudah mulai menunjukkan bahwa kita bisa menghadirkan kualitas global di Ibukota dan Insya Allah kita akan bisa merawatnya dan Insya Allah ini akan menjadi tempat rujukan percontohan bagi semua,” ujarnya. 

“Jadi saya merasa bersyukur sekali bahwa pagi hari ini kita sama-sama menyaksikan satu milestone di dalam penyelesaian JIS yang Insya Allah akan bisa selesai sesuai jadwal, sesuai kualitas dan sesuai perencanaan biaya,” kata Anie melanjutkan.

Anies mengungkapkan, lapangan latih yang hari ini diresmikannya merupakan appetizer atau hidangan pembuka jika meminjam istilah dalam makan. Menurut Anies, peresmian yang ia lakukan seperti layaknya baru hidangan pembuka saja, sebab nanti akan ada main course atau hidangan utama akan disiapkan saat stadion selesai.

Akan tetapi, lanjut Anies, kendati masih merupakan hidangan pembuka, hal itu sudah bisa menggambarkan kualitas stadion nantinya.

“Izinkan saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh jajaran Jakpro dari mulai pimpinan Pak CEO Pak Dwi Wahyu Daryoto dengan seluruh jajaran sampai begitu banyak pribadi-pribadi yang tak terlihat,” ungkapnya.

Sekadar informasi, pembangunan stadion utama JIS baru mencapai 42,1 persen. Dari data yang diberikan PT Jakpro, stadion itu akan memiliki kapasitas 82.000 penonton

Dibangun di atas lahan seluas 221.000 meter persegi dengan anggaran Rp4,08 triliun, pembangunan JIS ditargetkan akan rampung pada 2021 mendatang.

Stadion yang dibangun di pesisir utara Jakarta itu akan dilengkapi dengan atap buka-tutup otomatis pertama di Indonesia dan memiliki sky viewing deck di ketinggian 70 meter.

Begitu juga dengan rumput hybrid yang digunakan yang dinilai mampu tiga kali lebih tahan lama dibandingkan dengan rumput biasa.

Pembangunan JIS direncanakan akan memiliki fasilitas restoran, ruang VIP dan ruang ganti yang mewah.

Begitu juga faktor penunjang lainnya seperti lahan parkir yang mampu menampung 800 mobil di parkir VIP dan VVIP dan 100 bus.

Begitu juga perlintasan jalur kereta api, LRT dan MRT yang akan dibangun seiring dengan pembangunan stadion JIS.