Lantik 148 ASN, Wali Kota Depok Ingatkan Soal Profesionalitas Kerja

“Melalui pengangkatan ini dibuka kesempatan kepada ASN untuk mengembangkan kariernya“

Wali Kota Depok, Mohammad Idris, saat melantik secara virtual 142 ASN di lingkungan Pemkot Depok, Senin (28/12/2020). (Istimewa)

MONITOR, Depok – Wali Kota Depok, Mohammad Idris, melantik dan mengambil sumpah 148 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok secara virtual melalui kanal Youtube Pemkot Depok, Senin (28/12/2020).

Idris merinci, ratusan ASN tersebut berasal dari tenaga kesehatan, guru, serta pranata komputer. Pelantikan tersebut merupakan pengangkatan dalam jabatan fungsional di lingkup Pemkot Depok.

“Dengan memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah, Tuhan Yang Maha Esa, pada hari ini, saya Wali Kota Depok, melantik saudara-saudara dalam jabatan fungsional di lingkungan Pemkot Depok,” ungkapnya di Balai Kota Depok.

Idris menyampaikan, pengangkatan ASN dalam jabatan fungsional tersebut setelah dilakukan penyesuaian. Pengangkatan tersebut sejalan dengan terbitnya Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Nomor 42 tahun 2019 tentang Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil dalam Jabatan Fungsional Melalui Penyesuaian atau Inpassing.

Idris menjelaskan, pengambilan sumpah jabatan ini merupakan tindak lanjut dari hasil uji kompetensi yang sudah dilakukan. Selain itu juga mendapatkan rekomendasi dari instansi pembina.

“Melalui pengangkatan ini dibuka kesempatan kepada ASN untuk mengembangkan kariernya dalam jabatan fungsional,” ujarnya.

Lebih lanjut, Idris mengatakan, kepada para pejabat fungsional tersebut dituntut untuk meningkatkan dan mempertahankan profesionalitas. Makna profesionalitas sendiri memiliki beberapa unsur yaitu kredibilitas dan loyalitas.

“Sebagai ASN diuji secara kinerja sesuai tupoksinya dan tetap mempertahankan loyalitas kepada sistem dan aturan yang sudah ditentukan,” katanya.