Setelah 30 Tahun, Akhirnya Rumah Wa Sapia Layak Huni

"Bedah Rumah milik Ibu Wa Sapia sendiri bermula dari inisiatif Serka Lagaea“

Pangdam XIV/Hsn, Mayjen TNI Andi Sumangerukka, bersama Wa Sapia saat akan meresmikan rumahnya yang telah dibedah di Desa Warinta, Buton, Sulawesi Tenggara, Rabu (23/12/2020). (Penrem 143/HO)

MONITOR, Buton – Berkat inisiatif salah seorang Babinsa Kodim 1413/Buton, rumah yang ditinggali salah satu warga Buton atas nama Wa Sapia (41) selama 30 tahun akhirnya rampung dan layak huni setelah dibedah Pangdam XIV/Hasanuddin (Hsn) Mayjen TNI Andi Sumangerukka.

Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 143/HO, Mayor Arm Sumarsono, mengungkapkan bahwa dalam kunjungan kerjanya ke wilayah Kodim 1413/Buton pada Rabu (23/12/2020), Pangdam XIV/Hsn berkesempatan meninjau dan meresmikan rumah milik Wa Sapia yang telah dibedah menjadi rumah layak huni.

“Dengan didampingi Danrem 143/HO (Brigjen TNI Jannie A. Siahaan), Bapak Pangdam XIV/Hsn meresmikan rumah Ibu Wa Sapia yang telah dibedah oleh Kodim 1413/Buton,” ungkapnya kepada MONITOR dalam keterangan tertulis, Jakarta, Jumat (25/12/2020).

“Bedah Rumah milik Ibu Wa Sapia sendiri bermula dari inisiatif Serka Lagaea (Koramil 1413-02/Pasar Wajo). Alhamdulillah kepedulian dari Babinsa ini dapat direalisasikan oleh Bapak Pangdam,” ujar Sumarsono melanjutkan. 

Untuk diketahui, selain bedah rumah yang diterima oleh Wa Sapia dan warga desa Warinta, dalam beberapa kesempatan Mayjen TNI Andi Sumangerukka juga memberikan ribuan paket sembako kepada warga Buton yang terdampak Covid-19.

“Terakhir, saat peringatan Hari Juang TNI AD, Pangdam XIV/Hsn juga memberikan 1.500 paket sembako kepada warga Buton, termasuk yang berada di wilayah Bombana. Diharapkan dari pembagian sembako tersebut dapat membantu meringankan beban warga akibat Pandemi Covid-19,” kata Sumarsono.

Sementara Kepala Desa Warinta, Sudin, yang hadir saat peresmian rumah warganya, mengungkapkan rasa senang dan berterimakasih atas kepedulian dari Mayjen TNI Andi Sumangerukka yang telah membantu merehab rumah warganya.

“Adanya bantuan seperti saat ini, kami merasa terbantu, terlebih lagi bagi masyarakat yang membutuhkan akibat terdampak Covid-19. Dan moga kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi yang lainnya,” ungkapnya.

“Saya mewakili warga Desa Warinta menyampaikan rasa terima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak Pangdam atas kunjungan serta bantuan yang diberikan kepada masyarakat,” ujar Sudin melanjutkan.

Sementara Babinsa Serka Lagaea menyatakan bahwa alasan utama dirinya merekomendasikan rumah milik Wa Sapia direhab melalui program bedah rumah  dari Pangdam XIV/Hsn karena rumah yang ditinggali warga Warinta tersebut sudah tidak layak huni.

“Jangankan untuk memperbaiki rumah, saat ini di tengah (pandemi) Corona, banyak warga yang mengalami kesulitan ekonomi, seperti halnya Ibu Wa Sapia ini,” katanya.

“Kebetulan, Dandim Buton (Letkol Inf Arif Kurniawan) pernah menyampaikan bahwa ada program bedah rumah dari Pangdam yang diperuntukkan kepada warga yang dianggap tidak mampu,” ungkap Lagaea melanjutkan.

Selain merasa senang, Lagaea pun menyampaikan harapannya agar Wa Sapia dapat menikmati hari-hari tinggal di rumahnya yang telah layak huni tersebut.

“30 tahun beliau (Wa Sapia) tinggal di rumah ini dan rumah ini juga baru pertama kali direhab. Semoga beliau  senang dan dapat tinggal secara sehat dan nyaman di rumahnya yang saat ini telah layak,” ujarnya.

Pemilik rumah, Wa Sapia, mengatakan bahwa bedah rumah itu merupakan berkah yang luar biasa dari TNI AD khususnya Pangdam XIV/Hsn.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Pangdam yang telah berkunjung dan memberikan sembako di rumah saya yang baru,” katanya.