Bansos Jabar untuk Warga Depok Kini Berupa Uang Tunai

Sosialisasi penyaluran Bansos Gubernur tahap 4 di Kecamatan Tapos. (Foto: istimewa)

MONITOR, Depok – Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinsos Kota Depok, Eneng Sugiharti, mengatakan penyaluran bantuan sosial (bansos) dari Provinsi Jawa Barat (Jabar) Tahap 4 untuk warga Depok, kali ini berupa uang tunai.

“Bahwa bansos sekarang berupa uang tunai senilai Rp 100 ribu akan diberikan langsung oleh bank yang ditunjuk oleh Pemprov Jabar. Seperti Bjb dan PT Pos dan Himbara,” katanya saat melakukan sosialisasi penyaluran Bansos Gubernur di wilayah Tapos, Rabu (23/12) kemarin.

Menurut Eneng, semua ketentuan dalam penyaluran bansos nantinya, sudah disampaikan agar penyaluran bansos sesuai dengan ketentuan. Termasuk mensosialisasinya ke pihak terkait.

“Dalam penyaluran bansos ini banyak ketentuan yang kami informasikan ke camat dan lurah. Nantinya bansos akan langsung diberikan kepada penerima. Ada tenggat waktu juga yang harus diperhatikan agar pemberiannya berjalan dengan lancar,” jelasnya.

Dia menambahkan, berdasarkan data, jumlah penerima bansos tahap 4 sebanyak 72.735 orang. Penerima bansos telah ditentukan akan diberikan melalui bank ataupun PT Pos.

“Untuk Bjb akan menyalurkan ke warga Kecamatan Tapos dan Sukmajaya. Sedangkan sisanya akan disalurkan oleh PT Pos. Mudah-mudahn dapat tepat sasaran dan meringankan masyarakat di masa pandemi Covid-19,” pungkasnya.