Wahyu Sakti Diisukan Ajak Relawan Jokowi Bergabung ke KKP

Dede Budhyarto juga dikenal sebagai influencer yang pernah menjadi koordinator tim media sosial Jokowi-Ma’ruf

Menteri KP, Wahyu Sakti Trenggono, saat menggelar konferensi pers didampingi Komisaris Independen Pelni Kristia Budhyarto di Kantor KKP, Jakarta Pusat, Rabu (23/12/2020). (Istimewa)

MONITOR, Jakarta – Menteri Kelautan dan Perikanan (KP), Wahyu Sakti Trenggono, diisukan bakal mengajak Komisaris Independen PT Pelni (Persero) Tbk Kristia Budhyarto untuk bergabung di kementerian yang dipimpinnya tersebut.

Hal itu terlihat saat Wahyu mendatangi Kantor KKP di Jl. Merdeka Timur, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (23/12/2020).

Pada saat memberi keterangan pers, Wahyu tidak hanya didampingi oleh Sekretaris Jenderal KKP Antam Novambar dan satu pejabat KKP lain, tapi juga didampingi seorang pria yang mengenakan jas hitam dengan dasi merah yang sama dengan Wahyu.

Berdasarkan penelusuran, pria yang berada persis di sebelah Wahyu itu ternyata Kristia Budhyarto. Sebelum menjabat Komisaris Independen Pelni, pria yang akrab disapa Kang Dede itu merupakan salah satu relawan yang kerap membela Presiden Joko Widodo (Jokowi) ketika diterpa isu miring.

Dede Budhyarto juga dikenal sebagai influencer yang pernah menjadi koordinator tim media sosial Jokowi-Ma’ruf Amin pada saat Pilpres 2019 lalu.

Dengan akun media sosial Twitter, @kangdede78, Kang Dede juga sering menyampaikan berbagai program Pemerintahan Jokowi.

Lewat akun itu, Kang Dede sangat rajin mengunggah berbagai kegiatan yang dilakukan Jokowi dan Trenggono. Bahkan, Kang Dede juga kerap me-retweet akun-akun yang memuji Jokowi dan Trenggono.

Kang Dede juga tampak tidak segan mengkritik balik pihak yang berseberangan dengan pemerintah di media sosial.

Pemerintahan Jokowi kerap dipandang miring karena menempatkan para relawannya di tempat-tempat strategis, terutama di BUMN. Bahkan hal itu juga pernah dikritik atau diprotes oleh Politikus PDI Perjuangan, Adian Napitupulu.

Jika benar Kang Dede akan menemani kerja-kerja Wahyu di KKP, maka tentu hal itu akan menambah panjang daftar relawan Jokowi yang mendapatkan ruang kekuasaan.

Juru Bicara Wahyu Sakti Trenggono, Doni Ismanto Darwin, mengungkapkan bahwa hingga saat ini atasannya tersebut belum menentukan apakah akan mengajak Kang Dede ataupun sosok lain untuk membantu di KKP.

“Hingga saat ini Menteri Trenggono belum ada menetapkan siapa yang akan membantu beliau di KKP. Perihal ada tadi Saudara Kristia B saat pers conference hanyalah karena faktor pertemanan dimana Saudara Kristia B datang sebagai teman yang ingin mengucapkan selamat menjabat kepada Pak Menteri,” ungkapnya saat dihubungi, Jakarta, Rabu (23/12/2020).