Jumat, 19 April, 2024

JK Bantu Afganistan Cari Solusi Keluar dari Konflik dan Kekerasan

“Kehadiran Pak JK beserta rombongan sangat dinantikan“

MONITOR, Jakarta – Setelah melalui penerbangan selama kurang lebih 11 jam, Wakil Presiden (Wapres) RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla (JK) beserta rombongan akhirnya tiba di Afganistan.

Pesawat komersil yang ditumpanginya bersama rombongan mendarat di Bandara Internasional Hamid Karzal Kabul pada Rabu (23/12/2020) pukul 07.00 waktu setempat.

Kunjungan JK ke Afganistan tersebut dalam rangka memenuhi undangan dari Pemerintah Afganistan untuk mencari jalan keluar terkait konflik dan kekerasan yang kerap melanda negara tersebut. 

Setelah beristirahat sejenak di ruang VIP bandara sembari melakukan pembicaraan dengan sejumlah pejabat dan ulama di Afganistan, JK bersama rombongan dengan menggunakan tiga buah helikopter militer jenis MI 36 langsung menuju Istana Haram Sarai, Kabul, Afganistan, untuk melakukan sejumlah pertemuan. 

- Advertisement -

Jubir JK, Husain Abdullah, mengungkapkan bahwa kunjungan JK ke Afganistan kali ini merupakan lanjutan dari upaya perdamaian yang telah dirintis JK ketika masih menjabat sebagai Wapres RI.

Husain menyampaikan, kunjungan tersebut atas sepengetahuan Wapres RI Ma’ruf Amin. Menurut Husain, Ma’ruf Amin mendukung pertemuan tersebut, bahkan membekali JK dengan sejumlah bahan. 

Dubes RI untuk Afganistan, Arief Rachman, mengatakan bahwa kehadiran JK dan rombongan sangat dinantikan untuk memberi kontribusi dan solusi damai bagi Afganistan. Menurut Arief, hal tersebut merupakan berkah bagi Indonesia karena pihak Afganistan sangat mempercayai Indonesia sebagai juru damai mereka.

Untuk itu, Arief berharap, pendekatan dengan melibatkan ulama dapat menghadirkan perdamaian di Afganistan.

“Kehadiran Pak JK beserta rombongan sangat dinantikan untuk memberikan jalan keluar atau solusi bagi perdamaian di Afganistan. Hal ini tentu saja berkah bagi Indonesia dan pihak Afganistan sangat welcome ke Pak JK, dan semoga pelibatan ulama untuk perdamaian dapat menghadirkan damai di Afganistan,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Jakarta, Rabu (23/12/2020).

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER