Jokowi Resmi Kenalkan Enam Menteri Barunya di Istana

Presiden Joko Widodo mengumumkan enam menteri barunya

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo akhirnya merombak jajaran menterinya, setelah sekian lama dinanti banyak kalangan. Langsung dari Istana, Jokowi memperkenalkan enam menteri barunya untuk menduduki kursi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menteri KKP, Menteri Agama, Menteri Sosial, Menteri Perdagangan dan Menteri Kesehatan.

Pertama, Jokowi mengenalkan Tri Rismaharini. Walikota Surabaya ini diamanahi duduk di kursi Menteri Sosial, menggantikan Juliari Batubara. Kedua, Jokowi memanggil nama memanggil nama Sandiaga Uno.

Sandiaga, akan ditugaskan sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama.

Selanjutnya, Jokowi memanggil Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan. Budi Gunadi sebelumnya menjabat Wakil Menteri BUMN. Kini ia bertugas di Kementerian Kesehatan menggantikan Letnan Jenderal TNI (Purn.) Dr. dr.Terawan AgusPutranto

Kemudian eks Gubernur DKI Jakarta ini memanggil nama Yaqut Cholil Qoumas. Ketua Umum GP Ansor ini ditunjuk sebagai Menteri Agama.

Selanjutnya ada nama Sakti Wahyu Trenggono yang diketahui akan mengisi jabatan Menteri Kelautan dan Perikanan. Ia sebelumnya mendampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebagai Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan)

Terakhir ada sosok Muhammad Lutfi yang ditunjuk menjadi Menteri Perdagangan. Dari sumber yang dihimpun, Lutfi pernah menduduki jabatan sebagai menteri perdagangan di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Terakhir, Lutfi menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat (AS).