FPI Tak Pernah Minta Yusril Bantu Rizieq

"Kalau umpamanya ingin menjadi pengacara dalam kasus ini ya silahkan“

Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI), Munarman (dok: Panjimas)

MONITOR, Jakarta – Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Munarman dan Ketua Dewan Syura FPI Muchsin Ahmad Alatas menegaskan bahwa pihaknya maupun Imam Besar FPI Rizieq Shihab tidak pernah meminta bantuan kepada Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) yang juga advokat senior Yusril Ihza Mahendra.

Hal itu diungkapkan Munarman dan Muchain saat menanggapi pernyataan Yusril Ihza Mahendra yang menolak memberikan bantuan kepada Rizieq Shihab terkait kasus hukum yang sedang dijalaninya.

“Enggak pernah ada dari FPI atau Habib Rizieq permintaan bantuan ke Yusril,” ungkap Munarman seperti dikutip dari CNNIndonesia.com, Jakarta, Senin (21/12/2020).

Munarman mengatakan, yang berhak untuk meminta bantuan hukum adalah Rizieq Shihab sendiri atau keputusan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) FPI.

“Selama ini Habib Rizieq memang tidak pernah terucap untuk meminta bantuan hukum ke Yusril,” katanya.

Bahkan, menurut Muchsin, bukan hanya Yusril saja, pihaknya juga tidak pernah meminta bantuan kepada pengacara kondang Hotman Paris Hutapea untuk menjadi kuasa hukum Rizieq Shihab.

“Kita dari FPI tidak pernah meminta kepada Pak Yusril atau Pak Hotman untuk menjadi pengacara dalam kasus ini, kita tidak pernah minta, juga tidak menolak, jadi biasa saja,” ujarnya saat ditemui di Kantor Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (21/12/2020).

Namun, Muchsin mengungkapkan bahwa pihaknya tidak akan menolak apabila Yusril Ihza Mahendra maupun Hotman Paris ingin membantu dengan menjadi bagian dari tim kuasa hukum Rizieq Shihab.

“Kalau umpamanya ingin menjadi pengacara dalam kasus ini ya silahkan koordinasi dengan Pak Munarman, yang sebagai koordinator hukum,” ungkapnya.

Seperti diketahui, sebelumnya Yusril Ihza Mahendra mengaku sempat diminta bantuan oleh orang dekat mantan Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Ulama (GNPF-Ulama) Bachtiar Nasir untuk membantu Rizieq Shihab menghadapi kasus hukum terkait kerumunan massa di Petamburan, Jakarta Pusat.

Yusril justru menyarankan orang dekat Bachtiar Nasir itu untuk menghubungi Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, karena ia dinilai memiliki kemampuan yang besar untuk bisa membantu Rizieq Shihab.

Sementara itu, pengacara kondang Hotman Paris Hutapea sempat menyatakan mendapat banyak permintaan dari warganet untuk membantu Rizieq Shihab. Namun Hitman menolak menjadi pengacara Rizieq dengan alasan terlalu sibuk dalam perkara bisnis.