Sabtu, 25 September, 2021

Pelabuhan Patimban Resmi Beroperasi, Jokowi: Ini Penting Bagi Ekspor-Impor

MONITOR, Subang – Presiden Joko Widodo bersyukur pelabuhan internasional baru di Subang, Jawa Barat, hari ini beroperasi perdana. Kepala Negara ini menyaksikan peluncuran awal pelabuhan ini melalui layar virtual dari Istana Bogor, Minggu (20/12).

Jokowi mengatakan, Kapal MV Suzuka Express menjadi penanda aktivitas ekspor perdana dari Pelabuhan Patimban ke Brunei Darussalam.

“Syukur Alhamdulillah, masih di tengah suasana pandemi ini, pembangunan Pelabuhan Patimban fase pertama, salah satu proyek strategis nasional ini telah kita selesaikan,” tutur Jokowi.

Pelabuhan Patimban ini, dikatakan Jokowi, kedepannya akan menjadi salah satu pelabuhan terbesar di Indonesia yang disiapkan untuk mendukung kegiatan ekspor dan impor. Menurutnya, kehadiran Pelabuhan Patimban penting bagi pertumbuhan dan perdagangan di wilayah Jawa Barat.

- Advertisement -

Adapun lokasinya sangat strategis, yakni diantara Bandara Kertajati dan kawasan industri di Bekasi, Karawang, dan Purwakarta.

“Pelabuhan ini akan memperkuat keberadaan Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta yang sudah terlalu padat, serta telah menimbulkan kemacetan di ruas jalan Bekasi-Jakarta,” terang Jokowi.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER