Kamis, 25 April, 2024

Tim Penyelidik WHO Bakal ke China pada Januari 2021

WHO akan menyelidiki asal mula munculnya Virus Corona tersebut

MONITOR, Zurich – Tim Penyelidik Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) rencananya akan pergi ke China pada awal Januari 2021 mendatang guna menginvestigasi asal mula pandemi Virus Corona atau Covid-19.

Pakar kedaruratan WHO, Mike Ryan, mengungkapkan bahwa para pakar internasional akan mendatangi Kota Wuhan di China tengah, tempat kasus Covid-19 pertama terdeteksi pada Desember 2019 lalu.

“Kami masih belum mendapat tanggal keberangkatan sebab masih mengurus logistik seputar visa dan penerbangan. Kami berharap tim akan pergi ke sana (China) pada pekan awal Januari. Akan ada pengaturan karantina,” ungkapnya.

“Tim akan mengunjungi Wuhan, itulah tujuan misinya. Poin misi ini adalah mendatangi titik asal di mana kasus manusia ditemukan. Mereka berharap penuh dapat melakukan itu,” ujar Mike melanjutkan.

- Advertisement -

Mike juga mengatakan bahwa tiga perempat kasus terjadi di Amerika Serikat. Pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada Kanada atas komitmennya untuk mendonasikan dosis vaksin ke negara lain.

Kepala teknisi Covid-19 WHO, Maria Van Kerkhove, menambahkan bahwa badan tersebut telah berkoordinasi dengan ilmuwan Afrika Selatan yang mengidentifikasi adanya varian baru virus SARS-CoV2.

Sumber: Reuters

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER