Jumat, 26 April, 2024

Rusia Mulai Suntikan Vaksin Covid-19 kepada Para Kosmonautnya

Kosmonaut Rusia, Nikolai Chub dan Oleg Artemyev, mendapat suntikan pertama.

MONITOR, Moskow – Rusia mulai memvaksinasi kosmonaut dan juga stafnya di Star City, sebuah kota tertutup dekat Moskow yang menjadi markas program luar angkasa negara tersebut pada pada Jumat (18/12/2020).

Rusia mulai menyuntikkan vaksin Covid-19 Sputnik V kepada petugas medis dan pekerja lini terdepan di Moskow awal Desember 2020 ini, dan lebih dari 200.000 orang telah divaksinasi.

Kosmonaut Rusia, Nikolai Chub dan Oleg Artemyev, mantan anggota kru International Space Station, mendapat suntikan pertama dari dua vaksin Sputnik V pada Jumat (18/12/2020).

Kepala klinik setempat, Olga Minina, mengungkapkan bahwa para kosmonaut secara sukarela menerima vaksin yang dinamai sesuai dengan satelit Soviet yang memicu perlombaan luar angkasa.

- Advertisement -

Sputnik V merupakan salah satu vaksin yang dikembangkan oleh Rusia sekaligus satu dari dua vaksin yang diuji klinis tahap akhirnya belum rampung.

Presiden Rusia, Vladimir Putin, pada Kamis (17/12/2020) mengaku dirinya belum divaksinasi, tetapi ia akan melakukannya jika memungkinkan.

Sumber: Reuters

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER