Jumat, 19 April, 2024

Pengamat: Ganjar-Emil Punya Peluang Duet di Pilpres 2024

MONITOR, Jakarta – Pemilu Presiden 2024 terhitung baru akan digelar empat tahun lagi. Namun demikian sejumlah nama kandidat potensial sudah bermunculan di papan ‘klasemen’ lembaga survei. Diantara kandidat itu tercantum nama beberapa kepala daerah yaitu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Emil).

Direktur Eksekutif Sudut Demokrasi Research and Analysis (SUDRA), Fadhli Harahab, menilai kedua kandidat kepala daerah Pulau Jawa ini memiliki peluang dicalonkan atau bahkan diduetkan jika mereka dapat mempertahankan tingkat elektabilitas dan popularitas mereka masing-masing.

“Potensi dan peluang aku pikir masih terbuka lebar bagi kedua tokoh ini. Tetapi tidak mudah,” kata Fadhli, Selasa (15/12/2020).

Menurut Fadhli, ada beberapa kendala yang harus dilalui Ganjar dan Emil untuk dapat bersaing di Pilpres mendatang. Pertama soal dukungan partai politik atau gabungan parpol.

- Advertisement -

Menurutnya, meski keduanya kerap mengisi deretan lembaga survei, tapi mereka bukanlah figur sentral di partai. Apalagi Kang Emil yang bukan kader partai manapun. “Praktis keduanya hanya mengandalkan tingkat elektabilitas untuk dapat dipinang parpol,” terangnya.

Melihat kondisi tersebut, tentu saja kedua tokoh ini harus pintar-pintar merawat elektabilitas hingga perhelatan Pilpres 2024 berlangsung. Dengan elektabilitas yang terawat, maka satu syarat menjadi kandidat tetap terbuka, setidaknya untuk dilirik parpol dan gabungan parpol.

“Di 2022 ini ada momen politik Pilkada. Nantinya bisa diukur lagi tingkat elektabilitasnya pasca itu. Apalagi mas Ganjar dipastikan tidak bisa ikut Pilkada karena sudah menjabat dua periode, tentu sedikit banyak akan berpengaruh,” pungkasnya

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER