Jumat, 6 Agustus, 2021

Hari Juang TNI AD 2020 Hadirkan Senyum Warga Kolaka

“Tak usah terlalu tinggi atau besar, cukup lakukan apa yang bisa kita berikan agar yang lain bisa tersenyum”

MONITOR, Kolaka – Komandan Kodim (Dandim) 1412/Kolaka, Letkol Inf Risa Wahyu Puji Setiawan, mengungkapkan bahwa jauh dari riuh keramaian, pihaknya telah melakukan berbagai bakti sosial (baksos) dan karya bakti di tengah pandemi Covid-19 yang tidak hanya menumbuhkan semangat kebersamaan namun juga menghadirkan senyum gembira warga di Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Menurut Wahyu, Hari Juang TNI AD 2020 merupakan momen peringatan untuk mengenang semangat kebersamaan dan perjuangan para pejuang kemerdekaan di bawah pimpinan Panglima Besar (Pangsar) Jenderal Sudirman, yang ketika itu masih berpangkat Kolonel, merebut dan mempertahankan Indonesia dari penjajah pada 1949.

“Peristiwa heroik ketika itu tanggal 15 Desember 1945, para pejuang di bawah pimpinan Jenderal Sudirman berhasil merebut dan mempertahankan kota Ambarawa dari penjajah,” ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima MONITOR, Jakarta, Selasa (15/12/2020).

Wahyu pun menggambarkan bahwa di masa itu, semangat kebersamaan para pemuda dan pemudi bangsa berhasil menjadi senjata utama dalam mempertahankan kedaulatan Indonesia.

- Advertisement -

“Ini tentu relevan dengan kondisi sekarang, dimana wabah Covid-19 yang mendera bangsa Indonesia bahkan dunia, hanya dapat dilawan dengan semangat kebersamaan dan kepedulian sesama anak bangsa. Tidak usah terlalu tinggi atau besar, cukup lakukan apa yang bisa kita berikan agar yang lain bisa tersenyum,” ujarnya.

Lebih lanjut, Wahyu mengatakan, sebagaimana semangat kebersamaan para pejuang di masa lalu, menjadikan momen peringatan yang dulu dikenal dengan Hari Juang Kartika itu sebagai wahana untuk memadukan kembali kebersamanan atau kemanunggalan antara TNI AD dengan seluruh komponen bangsa dalam meneruskan cita-cita perjuangan bangsa Indonesia.

“Tema tahun ini ‘Bersama Kita Bisa’, menegaskan kembali tekad dan semangat kita yaitu TNI AD Mengabdi dan Membangun Bersama Rakyat. Tiada kekuatan yang lebih dahsyat, selain Kemanunggalan TNI dan seluruh rakyat dalam mempertahankan keutuhan dan kedaulatan bangsa Indonesia,” katanya.

Terkait dengan kegiatan peringatan tahun ini, Wahyu mengungkapkan bahwa semuanya berlangsung sangat sederhana dan jauh dari riuh keramaian.

“Komitmen pimpinan TNI AD, semua kegiatan dilaksanakan secara sederhana dan menerapkan protokol kesehatan, yaitu dari mulai donor darah, karya bakti pembersihan sarana atau fasilitas umum,  tempat ibadah dan besok kita gelar acara doa bersama secara serentak,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Wahyu, dalam kesempatan tersebut, Panglima Kodam (Pangdam) XIV/Hasanuddin (Hsn) Mayjen TNI Andi Sumangerukka membagikan sembako bagi warga Kolaka Raya sejumlah 1.000 paket dari total 6.750 paket yang didistribusikan di Sultra.

“Ini wujud komitmen Mayjen TNI Andi Sumangerukka selaku Pangdam untuk membantu saudara kita di Sultra yang tengah prihatin akibat Pandemi Covid-19,” ujarnya.

Wahyu mengatakan bahwa kegiatan peringatan Hari Juang TNI AD itu dilakukan bersama rekan-rekan dari kepolisian, pemerintah daerah, PMI dan masyarakat untuk menghadirkan senyum dan kegembiraan warga Kolaka yang terdampak Covid-19.

“Termasuk Ibu-Ibu Persit atau Persatuan Istri Tentara (istri prajurit TNI AD) dan para Babinsa memastikan bantuan dari Pangdam tepat sasaran, langsung ke masyarakat yang membutuhkan. Kita hanya berharap warga tersenyum gembira dan turut mendoakan agar TNI AD mampu dan jaya sebagai benteng bangsa,” katanya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER