Jumat, 29 Maret, 2024

Cegah Stunting, Wali Kota Depok Ajak Semua Elemen Bersinergi

MONITOR, Depok – Wali Kota Depok, Mohammad Idris, mengingatkan kepada semua perangkat daerah untuk turut serta bersinergi dalam membantu mencegah kasus stunting atau tubuh pendek anak. Pasalnya, guna mengantisipasi stunting tidak saja dipandang sebagai masalah kesehatan, namun menjadi tanggung jawab bersama.

“Perlu adanya dukungan dari seluruh elemen, baik perangkat daerah maupun masyarakat untuk menjalankan program dan mengoptimalkan perannya demi mencegah stunting,” kata Mohammad Idris saat memberi arahan pada kegiatan pencanangan Gerakan Bersama Hayuu Berantas Stunting (Geber Hbring), Senin (14/12).

Dikatakannya, perangkat daerah terkait dapat mendukung pencegahan dan penanganan stunting dengan program yang sudah ada. Seperti di Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) dapat terus mengoptimalkan pelayanan Posyandu maupun Kampung Keluarga Berencana.

Menurutnya, kader yang ada di Posyandu dapat mendampingi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat termasuk ibu hamil untuk meningkatkan status gizi bagi anak.

- Advertisement -

Selanjutnya, sambung Idris, untuk Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok dapat memberikan sarana air bersih. Selain itu juga dapat mengajak masyarakat untuk mewujudkan permukiman yang sehat.

“Masing-masing perangkat daerah punya peranan penting. Begitu juga Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok dalam menciptakan generasi masa depan yang produktif,” tambahnya.

Untuk itu Idris berharap, pelaksanaan dan percepatan program stunting dapat terus berjalan dan mendapat dukungan.

“Tentunya dengan sinergisitas dan koordinasi yang optimal dari semua elemen di Kota Depok,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER