Jumat, 29 Maret, 2024

Beredar Foto Anies dan Mega di Soal Ujian, Ini Klarifikasi Kadisdik DKI

MONITOR, Jakarta – Belakangan ini, dunia pendidikan di Jakarta dihebohkan dengan kabar adanya foto Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, dalam soal ujian sekolah melalui aplikasi pesan dan media sosial. Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta pun mengaku langsung menyelediki kejadian tersebut.

Hasilnya, pihak Disdik menemukan sekolah yang membuat soal ujian yang menampilkan foto Anies dan Mega. Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi DKI Jakarta, Nahdiana, pun meminta kepada Kepala Sekolah dan Guru sekolah terkait untuk tidak mengulangi perbuatannya lagi.

“Berdasarkan hasil penelusuran dan konfirmasi kepada Kepala Sekolah dan Guru yang membuat soal ujian pada sekolah yang bersangkutan, soal tersebut dibuat karena terdapat unsur kompetensi pada mata pelajaran mengenai pembentukan karakter, integritas, sabar dan tanggung jawab. Terkait hal tersebut, redaksionalnya memang memiliki kesamaan nama namun tidak ada maksud mendukung maupun mencemarkan nama baik pejabat publik,” ujar Nahdiana.

“Dan Dinas Pendidikan tidak pernah mengimbau kepada guru di sekolah untuk membuat soal ujian sekolah dengan menyebutkan nama pejabat publik tertentu dan telah mengarahkan Guru yang membuat soal ujian sekolah tersebut untuk tidak mengulangi perbuatannya lagi. Karena, hal tersebut berpotensi menjadi unsur pelanggaran netralitas terhadap posisi ASN,” sambungnya.

- Advertisement -

Dia pun, mengimbau kepada para ASN, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta untuk tetap menjaga netralitas ASN sehingga bisa memberikan pelayanan publik yang baik.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER