Jumat, 19 April, 2024

Vaksin Sinovac Datang, Jokowi Tetap Minta Rakyat Disiplin Prokes

MONITOR, Jakarta – Vaksin virus corona sebanyak 1,2 juta dosis akhirnya tiba di Indonesia, Minggu (6/12). Kendati demikian, Presiden Joko Widodo tetap menekankan masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Meski vaksin sudah ada, kita tetap harus disiplin menjalankan protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan,” imbuh Jokowi, pagi ini.

Jokowi menjelaskan, untuk memulai vaksinasi, pemerintah masih memerlukan tahapan-tahapan yang ketat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Seluruh prosedur ilmiah persiapan vaksinasi harus dilalui dengan baik untuk menjamin kesehatan dan keselamatan masyarakat serta meningkatkan efektivitas vaksin Covid-19 tersebut.

“Pertimbangan ilmiah serta hasil akhir uji klinis akan menentukan kapan vaksinasi Covid-19 dapat dilakukan,” terang Jokowi.

- Advertisement -

Selain dalam bentuk jadi, pemerintah akan mendatangkan 15 juta dosis vaksin dalam bentuk bahan baku pada bulan ini dan 30 juta dosis pada bulan Januari 2021. Vaksin-vaksin dalam bentuk bahan baku ini akan diproses lebih lanjut oleh Bio Farma selaku BUMN produsen vaksin.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER