Jelang Pilkada 2020, Pangdam Kasuari: Kalian Harus Netral

“Apabila ada prajurit yang mendukung salah satu kandidat maka dia akan diproses secara hukum”

Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, saat memberikan arahan kepada para Prajurit dan ibu-ibu Persit KCK Kodim 1803/Fakfak di Aula Ahmad Yani Makodim, Fakfak Utara, Kabupaten Fakfak, Papua Barat, Kamis (3/12/2020). (Pendam XVIII/Kasuari)

MONITOR, Fakfak – Panglima Kodam (Pangdam) XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, mengungkapkan bahwa Satuan Teritorial adalah ujung tombaknya TNI AD, hulunya adalah Pembinaan Teritorial dan hilirnya adalah terwujudnya Kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

Hal itu disampaikan Cantiasa saat memberikan arahan kepada para Prajurit dan ibu-ibu Persit KCK Kodim 1803/Fakfak di Aula Ahmad Yani Makodim, Fakfak Utara, Kabupaten Fakfak, Papua Barat, Kamis (3/12/2020).

“Karena ancaman ke depan bukanlah ancaman perang konvensional, namun saat ini yang telah terjadi adalah perang di dalam negeri yaitu, perang ideologi, politik, ekonomi, sosial dan budaya,” ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima MONITOR, Jakarta, Jumat (4/12/2020) malam.

Di samping itu, Cantiasa juga menyampaikan tentang situasi di masa pandemi Covid-19 saat ini sekaligus memberikan pesan tentang bagaimana cara warga Kodim 1803/Fakfak dalam penerapan disiplin protokol kesehatan dalam berbagai pelaksanaan kegiatan.

“Dalam menghadapi masa pandemi Covid-19 ini, kalian harus rajin menerapkan 3 M (Mencuci tangan, Memakai Masker dan Menjaga jarak), mengonsumsi makanan yang bergizi dan tidak perlu mahal. Lakukan olahraga secara teratur sehingga saraf-saraf yang ada di badan tetap bergerak dan menjadikan tubuh menjadi sehat, serta hal-hal lainnya sesuai dengan protokol kesehatan,” ujarnya.

Terkait dengan akan diselenggarakannya Pilkada Serentak 2020 dalam waktu dekat ini, Cantiasa juga menginstruksikan agar seluruh satuan jajaran Kodam XVIII/Kasuari membantu aparat kepolisian dalam mengamankan pelaksanaan pesta demokrasi lima tahun sekali tersebut.

“Kalian harus netral dan jangan ada yang berpihak kepada salah satu kandidat dalam pilkada. Apabila ditemukan laporan adanya prajurit yang mendukung salah satu kandidat maka dia akan diproses secara hukum,” katanya.

Usai bertatap muka dengan para prajurit dan keluarganya yang berada di Kodim 1803/Fakfak, Cantiasa memberikan bantuan berupa satu unit motor VIAR, 3.000 buah masker kesehatan dan tujuh buah termometer inframerah atau thermogun yang diterima secara simbolis oleh Dandim Letkol Inf Doddy Yudha Perwira.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Persit KCK Daerah XVIII/Kasuari Ade Nyoman Cantiasa juga memberikan bantuan kepada Ketua Persit KCK Cabang XIV Kodim 1803/Fakfak berupa peralatan timbangan dan seragam batik untuk mendukung pelaksanaan program Posyandu Kartika Fakfak.

Selanjutnya Cantiasa dan Ketua Persit KCK juga melakukan penanaman pohon kenangan yakni Pohon Pala di area Makodim 1803/Fakfak.

Selanjutnya Cantiasa dan rombongan menuju Kampung Kiat, Distrik Fakfak Barat, untuk melaksanakan peninjauan  proses pembangunan Markas Korem 182/Jazirah Onim (JO) yang dalam waktu dekat direncanakan akan diresmikan oleh Kasad, Jendral TNI Andika Perkasa. 

Usai melaksanakan peninjauan di lokasi Makorem 182/JO, Cantiasa dan rombongan melanjutkan kunjungan kerjanya ke wilayah tugas Kodim 1804 di Kabupaten Kaimana.