Pimpin Rapat Evaluasi Penerangan, Kadispenad: Manfaatkan Media Setempat

“Jangan pernah jenuh untuk berkreasi, ikuti perkembangan IT”

Kadispenad, Brigjen TNI Nefra Firdaus, saat memimpin Rapat Evaluasi Bidang Penerangan TNI AD TA 2020 di Ruang Rapat Lantai 5 Hotel Novotel Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (1/12/2020). (Dispenad)

MONITOR, Jakarta – Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad), Brigjen TNI Nefra Firdaus, memimpin Rapat Evaluasi Bidang Penerangan TNI AD TA 2020 di Ruang Rapat Lantai 5 Hotel Novotel Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (1/12/2020).

Nefra menyampaikan apresiasinya kepada seluruh Kepala Penerangan (Kapen)/Kapenhumas dari seluruh Indonesia atas pelaksanaan tugas-tugas Penerangan yang diembannya.

Nefra mengungkapkan bahwa kegiatan rapat itu merupakan ajang menyatukan visi dan persepsi dalam menghadapi perubahan lingkungan saat ini yang begitu dinamis, serta untuk menambah wawasan dan keilmuan terkait tugas-tugas sebagai insan Penerangan.

“Mewujudkan Penerangan Angkatan Darat yang Profesional dan Unggul di Era Informasi adalah tema yang kita angkat kali ini. Di mana titik beratnya pada peningkatan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) insan-insan Penerangan TNI AD guna menghadapi tantangan tugas ke depan,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Jakarta, Rabu (2/12/2020).

Peningkatan kualitas SDM tersebut, menurut Nefra, bisa dilakukan mulai dari penambahan alokasi rekrutmen personel berkemampuan jurnalistik, program pendidikan dan penataran yang didukung para pakar dan ahli, hingga modernisasi peralatan secara bertahap.

Optimalisasi upaya tersebut, lanjut Nefra, akan bisa menghasilkan SDM yang berkompetensi tinggi.

Nefra juga mengurai evaluasi dari masing-masing subdis, lengkap dengan kegiatan yang telah dilaksanakan, kendala hingga upaya-upaya solutif yang bisa dilakukan. Kemudian, ada enam penekanan yang disampaikannya di penghujung paparan, yaitu larangan merekayasa berita, pemindahan hosting website satuan ke Disinfolahtad untuk menjamin keamanan website, serta satuan penerangan sebaiknya memperbanyak publikasi tentang prajurit yang berprestasi dan inspiratif untuk meningkatkan citra TNI AD.

“Manfaatkan media setempat untuk meningkatkan kualitas personel dan berita, jangan pernah jenuh untuk berkreasi, ikuti perkembangan IT dan dalam pemberitaan agar tetap berkoordinasi dengan Dispenad,” katanya.