Kamis, 9 Mei, 2024

74 Ibu Hamil di Depok Jalani Tes HIV, Ini Alasannya

MONITOR, Depok – Sebanyak 74 ibu hamil di Kecamatan Pancoran Mas (Panmas), Kota Depok, menjalani tes HIV/Aids. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari peringatan Hari Aids Sedunia yang jatuh setiap tanggal 01 Desember.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Depok Jaya, Euis Eka Kurniati mengatakan, pemeriksaan tersebut dilakukan untuk mendeteksi secara dini penyebaran virus HIV/Aids.

Sebab, menurut dia ibu hamil yang terpapar virus tersebut berisiko tinggi menularkan kembali kepada calon bayi.

“Risiko penularan HIV/Aids pada bayi dapat diturunkan bila si ibu tidak segera mendapatkan pengobatan,” katanya, disela kegiatan tersebut di Aula Kantor Kecamatan Panmas, Selasa (1/12).

- Advertisement -

Dijelaskannya, hampir seluruh UPTD Puskesmas di Kota Depok menyediakan pelayanan pemeriksaan tes HIV/Aids. Termasuk UPTD Puskesmas Depok Jaya.

“Di masa pandemi kami tetap jalankan pemeriksaan HIV/Aids untuk ibu hamil dan calon pengantin,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Warga Peduli Aids (WPA) Kecamatan Panmas, Rosanah menambahkan, hasil pemeriksaan HIV akan diberikan petugas UPTD Puskesmas melalui telepon seluler langsung kepada puluhan ibu hamil tersebut. Jika ada yang terindikasi virus itu, pihaknya akan menindaklanjuti dengan berbagai metode pengobatan.

Selain difasilitasi pemeriksaan kesehatan, sambungnya, para ibu hamil ini juga diberikan paket bingkisan berupa susu penambah nutrisi. Disamping itu, beberapa anak-anak yang orangtuanya sudah terpapar HIV/Aids juga mengikuti tes tersebut.

“Tahun ini memang kami upayakan agar ibu hamil bagian dari populasi kunci untuk dites HIV/Aids,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER