Dua Petinggi DKI Terpapar Covid-19, Pengamat: Harus Ada Pejabat Plh Gubernur

Ketua Koalaisi Rakyat Pemerhati Jakarta Baru (KATAR) Sugiyanto

MONITOR, Jakarta – Dua petinggi DKI Jakarta yakni Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub), sedang terpapar Covid-19. Sejumlah kalangan menyebut perlu ada pejabat pelaksana harian (Plh) untuk menggantikan sementara tugas-tugas kedua orang pimpinan di Ibukota tersebut.

Ketua Koalisi Masyarakat Pemerhati Jakarta Baru (Katar), Sugiyanto, mengatakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wagub DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria seharusnya fokus untuk istirahat untuk memulihkan kondisinya setelah diketahui terkonfirmasi Covid-19.

“Pak Anies dan Pak Riza Patria, sebaiknya fokus jalani isolasi mandiri saja agar cepat sembuh. Karena banyak masyarakat Jakarta yang masih membutuhkan kepememimpinya,” ujar Sugiyanto, kepada MONITOR, Selasa (1/12).

Untuk itu, guna memaksimalkan kinerja Pemprov DKI Jakarta, Sugiyanto, meminta Anies, menunjuk Plh untuk menggantikan tugas-tugasnya selama menjalakan isolasi mandiri.

“Jika dipaksakan gubernur bekerja secara virtual, tentu kinerja Pemprov DKI takkan maksimal. Karena kerja secara virtual berbeda dengan kerja seperti biasa,” tegasnya.

Apalagi saat ini, Pemprov dan DPRD DKI, sedang sibuk melakukan pembahasan APBD 2021, yang tentunya bakal menguras energi Anies.

“Kalau ada Plh, energi Pak Anies tidak terkuras. Karena kalau energi Anies terkuras, berpengaruh pada kondisi fisik dan imunitas tubuh mereka. Percuma juga menjalankan isolasi mandiri,” imbuhnya.

Lanjutnya, dengan keduanya terpapar covid 19, pria berkaca mata ini menilai Pemprov DKI saat ini Jakarta darurat Covid-19. Karena tentu banyak pejabat di lingkungan pemprov, sebelumnya berinteraksi dengan gubernur dan wakil gubernur, dan berpotensi juga tertular.

“Untuk itu, seluruh pejabat di lingkungan Pemprov DKI Jakarta harus di swab test guna memastikan tidak ikut terpapar covid 19,” pungkasnya.