UIN Suska Riau Diminta Perkuat Pondasi Tata Kelola Administrasi Keuangan dan Pengembangan Akademik

Silaturrahim Plt. Rektor dengan Unsur Pimpinan dan Civitas Akademika UIN Suska Riau, Senin (30/11/2020).

MONITOR, Pekanbaru – Salah satu pondasi dalam pengembangan perguruan tinggi adalah tata Kelola akademik yang bagus dan tata kelola administrasi keuangan yang kredibel. Dalam hal ini, Lembaga Penjaminan Mutu dan Satuan Pengawasan Internal memiliki peran sentral sebagai garda depan dalam tata kelola akademik dan keuangan tersebut.

Demikian disampaikan oleh Prof. Dr. Suyitno, M.Ag, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) dalam acara Silaturrahim Plt. Rektor dengan Unsur Pimpinan dan Civitas Akademika UIN Suska Riau, pada 30 November 2020 di Kampus UIN Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau. Hadir dalam acara tersebut para wakil rektor, dekan, wakil dekan, direktur pasca sarjana, kepala pusat dan lembaga, ketua program studi dan sekretaris program studi di lingkungan UIN Suska Riau.

“Saya sebagai Direktur Diktis sangat berharap sivitas akademika UIN Suska Riau memberikan perhatian secara serius pada aspek akademik dan administrasi keuangan ini,” tegas Guru Besar UIN Raden Fatah Palembang.

Suyitno menerangkan sebuah perguruan tinggi yang sangat bagus dalam pengembangan akademik, akan tetapi lemah dalam tata kelola administrasi bukanlah citradiri perguruan tinggi yang ideal. Begitupula, sebuah perguruan tinggi yang tata Kelola keuangannya sangat bagus, akan tetapi pengembangan akademik tidak berjalan, bukan pula perguruan tinggi yang kita harapkan.

“Oleh karena itu, pengembangan akademik dan tata kelola keuangan yang akuntabel adalah dua hal yang mutlak harus diperhatikan”, tutur Prof. Suyitno.

Selain sebagai Direktur Diktis, Prof. Suyitno hadir dalam pertemuan itu dengan kapasitas sebagai Plt. Rektor UIN Suska Riau. Sebagaimana diketahui, sejak akhir November 2020 ini, Prof. Suyitno didaulat oleh Menteri Agama sebagai Plt. Rektor UIN Suska.

Dalam kapasitas sebagai Plt. Rektor, Prof Suyitno menegaskan mengenai berbagai hal yang akan dilakukan setelah mengemban tugas berat itu. Di antaranya adalah membangun fondasi tata kelola administrasi keuangan dan pengembangan akademik.

“Salah satu tugas saya adalah meletakkan fondasi dalam tata Kelola administrasi keuangan. Hal-hal yang sudah bagus akan kami pertahankan. Sedangkan, berbagai lubang kelemahan administratif akan saya perbaiki. Di samping itu, saya juga tidak abai terhadap pengembangan akademik UIN Suska Riau” kata Direktur kelahiran Tulungagung ini.

Selain itu, Prof Suyitno juga menegaskan bahwa persatuan dan kesatuan sivitas akademika UIN Suska adalah hal yang paling pokok bagi masa depan UIN Suska Riau. Sehingga tidak ada artinya kita serius dalam pengembangan akademik dan tata kelola administrasi, tetapi tidak dilandasi dengan persatuan dan kesatuan sivitas akademika.

“Saya menyadari bahwa perbedaan adalah sunatullah dan dinamika organisasi adalah hal yang wajar, akan tetapi jangan sampai perbedaan dan dinamika organisasi ini mengganggu persatuan dan kesatuan sivitas akademika, serta dapat merusak rumah besar kita, UIN Suska Riau,” tegas Prof. Suyitno mengakhiri arahannya.