Kamis, 25 April, 2024

Bina Generasi Muda, Kodam Kasuari Gelar Perkemahan Pramuka Terpusat

Perkemahan bertujuan untuk membina dan membentuk generasi muda Bangsa Indonesia

MONITOR, Manokwari – Kodam XVIII/Kasuari menggelar Perkemahan Pramuka ‘Saka Wira Kartika’ terpusat tingkat daerah Triwulan IV TA 2020 di lapangan SP 3, Aimasi, Distrik Prafi, Manokwari, Papua Barat, Sabtu (28/11/2020).

Asisten Teritorial (Aster) Kasdam XVIII/Kasuari, Kolonel Inf Hengki Yuda Setiawan, mengungkapkan bahwa Perkemahan Pramuka ‘Saka Wira Kartika’ itu bertujuan untuk membina dan membentuk generasi muda Bangsa Indonesia yang berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, terampil dan berjiwa kesatria, serta memiliki rasa cinta Tanah Air yang berlandaskan Bhinneka Tunggal Ika, dengan semangat bela negara.

Sedangkan sasarannya, menurut Hengki, adalah mewujudkan generasi muda yang memiliki keterampilan sesuai dengan Krida Saka Wira Kartika, memiliki pengetahuan dan keterampilan, serta kesadaran dalam membela Negara Indonesia, berjiwa nasionalisme, patriotisme dan cinta Tanah Air, memiliki rasa toleransi, solidaritas/setia kawan, serta terjalinnya kerja sama antar sesama, sekaligus mewujudkan generasi muda yang memiliki rasa kepedulian terhadap lingkungan.

Hal itu diungkapkan Hengki saat membuka Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika Terpusat Tingkat Daerah Kodam XVIII/Kasuari Triwulan IV TA 2020 tersebut.

- Advertisement -

Di hadapan Ketua dan Pembina Pramuka Kwaran Prafi dan Pembina Pramuka Saka Wira Kartika Kodam XVIII/Kasuari, serta 60 orang anggota pramuka peserta perkemahan yang merupakan siswa-siswi SMAN 1, SMKN 4, MAN dan Mts Prafi, Hengki menyampaikan bahwa TNI AD sesuai dengan Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI memiliki tugas melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat, yang dijabarkan melalui salah satu fungsi utama TNI AD yaitu Pembinaan Teritorial (Binter).

“Salah satu sasaran dari Binter adalah pembinaan terhadap Sumber Daya Manusia (SDM), dimana fokus atau titik berat pembinaan tersebut adalah generasi muda selaku calon penerus generasi Bangsa Indonesia. Salah satu wujud dari pembinaan generasi muda dilaksanakan melalui gerakan Pramuka Satuan Karya (Saka) Wira Kartika, dengan melaksanakan perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika terpusat tingkat daerah Kodam XVIII/Kasuari,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Jakarta, Sabtu (29/11/2020).

Untuk diketahui, perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika Kodam XVIII/Kasuari kali ini bertema ‘TNI AD melalui perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika terpusat tingkat daerah, membentuk generasi muda yang berwawasan kebangsaan dan memiliki semangat bela negara’.

Adapun materi kegiatan perkemahan meliputi Pengetahuan Dasar Kepramukaan, praktek 5 Krida Saka Wira Kartika, pengetahuan tentang bahaya Covid-19 dan cara penanggulangannya, Outbound, Api Unggun dan Karya Bakti.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER