Jumat, 29 Maret, 2024

Mentan SYL Bawa Perubahan Signifikan Terhadap Sektor Pertanian

MONITOR, Jakarta – Beberapa penghargaan yang diterima Kementerian Pertanian minggu ini, termasuk penghargaan dari Komisi Informasi Pusat (KIP) dan Kemenpan RB. Hal ini menuai pujian dari Politikus, Irma Suryani Chaniago.

Menurut Irma, pengharagaan tersebut adalah bukti bahwa Kepemimpinan Syahrul Yasin Limpo di Kementerian Pertanian telah membawa berbagai perubahan yang signifikan.

“Pertanian di era YSL (Syahrul Yasin Limpo) mampu mempertahankan ketahanan pangan di tengah suasana pendemi. Sektor pertanian tidak terganggu bahkan paling baik dari sektor lain. Pak, SYL adalah menteri yang membawa perunahan signifikan,” kata Irma di Jakarta, Sabtu, 28 November 2020.

Irma mengatakan, sejauh ini SYL berhasil menghidupkan kembali program-program strategis yang memperkuat ekonomi nasional. Misalnya, kata Irma, SYL secara serius terus membangun irigasi dan menyediakan embung secara masif.

- Advertisement -

“Ini salah satu solusi dari problem persawahan kita yg banyak kekurangan air sehingga sebagian hanya mampu panen sekali setahun. Namun dibawah SYL, embung dan irigasi diperbanyak, begitu juga dengan validasi data yang terus diperbaiki,” katanya.

Untuk itu, Irma berharap, ke depan Kementerian Pertanian membuka akses pupuk subsidi, Alsintan, Bibit dan Benih berkualitas secara lebih luas lagi agar kebutuhan petani yang tengah berproduksi terus terpenuhi.

“Harapan saya ke depan petani makin mudah mengakses kebutuhan pertanian khususnya terkait subsidi Alsintan dan bibit, agar hasil produksi petani makin maksimal,” katanya.

Sebagai informasi, Kementerian Pertanian (Kementan) baru saja dianugerahi sebagai Kementerian terbaik peringkat 1, dalam mengelola informasi dan komunikasi publik. Ketetapan ini diberikan Komisi Informasi Publik (KIP) setelah melalui serangkaian proses penelitian panjang sekaligus monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik tahun 2020. Hasilnya, Kementan menepati posisi pertama dengan nilai yang cukup tinggi, yakni sebesar 97,99.

Penghargaan ini melengkapi capaian bidang kehumasan Kementan, yang sebelumnya Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) juga menetapkan Kementerian Pertanian (Kementan) sebagai kementerian terbaik dalam mengelola informasi dan komunikasi publik. Ketetapan tersebut melalui serangkaian proses penelitian oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Aplikasi Informatika dan Informasi Komunikasi Publik (Puslitbang Aptika dan IKP Kominfo) selama tahun 2019.

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan, Kuntoro Boga Andri menyampaikan terimaksih atas perhatian semua pihak terhadap kinerja seluruh jajaran Kementan. Ke depan, kata Kuntoro, pihaknya akan lebih meningkatkan lagi komunikasi antar lembaga negara dan kementerian lain.

“Dalam hal ini saya menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang diberikan. Semoga kedepan kami bisa bekerja lebih baik dan mampu mengkomunikasikan semua program di Kementan kepada masyarakat dan pemangku kebijakan dengan lebih cepat dan efektif,” tutupnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER