Jumat, 29 Maret, 2024

Di Munas MUI, Jokowi Minta Ormas Islam Dampingi Pemerintah

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo menyambut baik pelaksanaan Musyawarah Nasional X Majelis Ulama Indonesia yang digelar pada 25 hingga 27 November 2020. Jokowi pun mendukung penuh ikhtiar MUI dalam mewujudkan Islam rahmatan lil ‘alamin dalam kehidupan bangsa yang majemuk.

“Saya bersyukur bahwa ikhtiar MUI itu didukung oleh semua elemen bangsa yang menyadari untuk hidup berdampingan dan bekerja sama demi kebaikan dan kemajuan bangsa,” ujar Jokowi, dalam sambutannya.

Dalam kesempatan ini, Jokowi mengingatkan agar pemerintah tidak dibiarkan sendirian, namun ditemani bahkan dibantu oleh berbagai ormas Islam bersama para ulama, habaib, dan cendekiawan.

Menyinggung fenomena polarisasi yang terjadi belum lama ini, ia menilai corak keislaman di Indonesia identik dengan pendekatan dakwah kultural yang persuasif dan damai, sehingga tidak menebar kebencian, jauh dari karakter ekstrem dan merasa benar sendiri.
“Ini menunjukkan bahwa semangat dakwah keislaman kita adalah merangkul, bukan memukul. Karena hakikat berdakwah adalah mengajak umat ke jalan kebaikan sesuai akhlak mulia Rasulullah SAW,” tutur Jokowi.

- Advertisement -

“Ini modal berharga kita sebagai sebuah bangsa. Terima kasih dan penghargaan sebesar-besarnya kepada segenap pengurus MUI pusat dan daerah di seluruh Indonesia atas perannya menjadi jembatan komunikasi antara ulama dengan pemerintah,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER