PERBANKAN

BI Ajak Generasi Milenial jadi Agen Perubahan Kebangkitan UMKM

MONITOR, Jakarta – Bank Indonesia (BI) mengajak generasi milenial menjadi agen perubahan dalam mendobrak bangkitnya produk-produk lokal kreatif dan inovatif Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam ekosistem ekonomi digital.

Deputi Gubernur Senior BI, Destry Damayanti, pada kegiatan Festival Edukasi Bank Indonesia (FESKABI) hari pertama dengan topik “Strengthening Local Brand Through Digital Economy” yang digelar secara virtual, Rabu (25/11) mengatakan bahwa sebagai generasi penerus bangsa yang akan menjadi motor penggerak usaha lokal dan UMKM, generasi milenial harus memiliki rasa cinta dan bangga terhadap produk buatan Indonesia.

“Tren aktivitas digital yang meningkat harus dimanfaatkan sebagai peluang khususnya dalam memajukan UMKM Indonesia,” ujar Destry.

Untuk terus mendukung kemajuan perekonomian khususnya melalui platform digital, BI telah mempersiapkan berbagai inovasi kebijakan untuk mendorong integrasi ekonomi dan keuangan digital. Hadirnya QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) yang kini telah dipergunakan oleh lebih dari 5 juta merchant di seluruh Indonesia membantu memperluas akses pelaku UMKM dalam melakukan usaha secara digital sekaligus meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia.

BI juga memfasilitasi program onboarding UMKM yang dilakukan melalui pembelajaran secara daring terkait dengan strategi UMKM agar terkoneksi dengan platform digital, teknik fotografi, logistik, dan membuat pembukuan, serta hal lainnya yang mendukung UMKM di era digital.

Mengusung tema besar “Yuk, Manfaatkan Transaksi Digital untuk Kemajuan Ekonomi Nasional!”, FESKABI 2020 yang dilaksanakan secara virtual pada 25-27 November 2020 diharapkan dapat meningkatkan pemahaman generasi milenial tentang kebijakan terkini BI. Turut hadir sebagai pembicara, Direktur PT. Indofood Sukses Makmur, Axton Salim, CEO & Founder BLP Beauty, Lizzie Parra, dan CBO & Co-founder Kopi Kenangan, James Prananto, dan Direktur Departemen Komunikasi BI, Junanto Herdiawan.

FESKABI (dulu merupakan BI Goes To Campus) adalah kegiatan sosialisasi dan edukasi yang diselenggarakan BI secara rutin sejak tahun 2013 mengenai fungsi, tugas dan kebijakan terkini Bank Indonesia kepada generasi milenial khususnya mahasiwa di berbagai kota di Indonesia.

Selain kegiatan sosialisasi dan edukasi, rangkaian FESKABI juga memperlombakan kompetisi konten digital yaitu vlog, video satu menit, video animasi, blog, dan komik, yang dibuka sejak 24 November 2020 lalu sampai 31 Januari 2021 dan terbuka untuk umum.

Recent Posts

Jasa Marga dan Pemkot Bandung Jajaki Kolaborasi Wujudkan Ikon Kota Bandung di Ruas Tol Cipularang

MONITOR, Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. bersama Pemerintah Kota Bandung memulai pembicaraan strategis…

45 menit yang lalu

Wacana Beli LPG 3 Kg Pakai NIK, Puan Minta Ada Edukasi Maksimal ke Rakyat

MONITOR, Jakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani menanggapi wacana kebijakan Pemerintah terkait penggunaan Nomor…

1 jam yang lalu

DPR Kritik Penetapan HET Beras Medium, Harusnya Satu Harga Seperti BBM

MONITOR, Jakarta - Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Alex Indra Lukman mengkritik penetapan Harga…

1 jam yang lalu

Kementerian UMKM Permudah Akses Legalitas Usaha Lewat Festival di Kota Tua

MONITOR, Jakarta - Kementerian Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menggelar Festival Kemudahan dan Pelindungan…

2 jam yang lalu

Puan Harap Tranformasi Pendidikan Lewat Smart TV Diimbangi Kesejahteraan Guru

MONITOR, Jakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani berpandangan bahwa upaya Pemerintah dalam mendorong transformasi…

2 jam yang lalu

DPR Harap Dubes Baru Mampu Jembatani Masalah Status WNI Imbas Kebijakan Presiden AS

MONITOR, Jakarta - Anggota Komisi I DPR RI, Junico Siahaan menyambut baik dipilihnya Dwisuryo Indroyono…

4 jam yang lalu