Dubes Sukmo Sebut RI Siap Kerja Sama Soal Covid-19 dengan Panama

Panama adalah negara penting dan sahabat yang baik di kawasan Amerika Tengah

Dubes RI untuk Panama, Sukmo Harsono, saat menyerahkan salinan surat kepercayaan atau copy credential kepada Wamenlu Panama Federico Alfaro Boyd, Kamis (19/11/2020) waktu setempat. (Istimewa)

MONITOR, Jakarta – Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (Dubes LBBP) RI untuk Panama, Sukmo Harsono, telah menyerahkan salinan surat kepercayaan atau copy credential kepada Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Panama Federico Alfaro Boyd, Kamis (19/11/2020) waktu setempat.

“Acara yang berlangsung secara virtual ini menandai dimulainya tugas sebagai Duta Besar secara resmi di Panama, kecuali untuk acara berkaitan dengan Presiden Panama harus terlebih dahulu ada penyerahan credential secara resmi kepada Presiden Laurentino Cortizo Cohen,” ungkap Sukmo dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Jumat (20/11/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Sukmo menyampaikan salam dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Menlu Retno L.P Marsudi dan rakyat Indonesia kepada Presiden dan Menlu Panama Aljandro Ferrer khususnya serta rakyat Panama pada umumnya.

Sukmo mengatakan, Indonesia sebagai negara demokrasi terbesar ketiga di dunia dengan rakyat hampir mencapai 270 juta serta anggota G20 dan Regional Comprehensive economic Patnership menganggap Panama adalah negara penting dan sahabat yang baik di kawasan Amerika Tengah yang perlu terus ditingkatkan hubungannya dalam bidang ekonomi, budaya dan kerja sama internasional yang saling menguntungkan dua belah pihak.

“Indonesia siap bekerjasama dan tukar informasi dan cara-cara mengatasi Covid-19,” katanya.

Dalam sambutannya, Wamenlu Panama Federico Alfaro Boyd, menambahkan bahwa Indonesia adalah mitra penting. Oleh sebab itu, menurut Federico, pihaknya juga membuka Kedubes Panama di Indonesia dan mengutus Antonio Saturno sebagai Dubes Panama di Indonesia.

“Mereka (Kedubes Panama) siap bekerjasama dalam hal penanganan Covid-19 dan melanjutkan pembicaraan akan beberapa hal kerja sama dengan membentuk forum konsultasi bilateral RI-Panama,” ujarnya.