Keterbukaan Dorong Pertamina Dinobatkan Sebagai BUMN Terbaik

ilustrasi

MONITOR, Jakarta – Keterbukaan dan implementasi Environment, Social and Governance (ESG) yang selama ini dilakukan PT Pertamina (Persero) diakui menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia. Hal tersebut terungkap ESG Awards 2020, dimana Perseroan meraih empat penghargaan sebagai BUMN Terbaik.

ESG Awards 2020 merupakan penghargaan bagi perusahaan di Tanah Air yang dinilai memiliki keterbukaan dalam pengungkapan ESG. Penyerahan penghargaan dilakukan secara virtual oleh Majalah Investor – Berita Satu Media, bekerja sama dengan Bumi Global Karbon Foundation, pada acara penganugerahan ESG Awards 2020, Selasa (17/11/20) malam.

Penghargaan ESG ini berdasarkan keterbukaan Pertamina dalam Laporan Tahunan dan Laporan Keberlanjutan tahun buku 2019, sesuai dengan acuan global yakni Global Reporting Initiatives (GRI) Standards. ESG Awards pertama dari Majalah Investor dan Bumi Global Karbon Foundation ini bertujuan untuk memotivasi perusahaan agar makin peduli pada lingkungan, sosial dan tata kelola perusahaan yang baik

Pada kegiatan tersebut, Pertamina menjadi yang terbaik pada empat kategori, yakni Peringkat Keterbukaan ESG BUMN Terbaik, Peringkat Keterbukaan Sosial BUMN Terbaik, Peringkat Keterbukaan ESG BUMN Non Bank Terbaik, dan Peringkat Keterbukaan Social BUMN Non Bank Terbaik.

Pjs. VP Corporate Communication Pertamina, Heppy Wulansari mengatakan penghargaan ini akan menjadi pendorong Pertamina untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan serta peningkatan pengelolaan lingkungan, sosial, dan tata kelola secara terbuka, inovatif dan berkelanjutan. Selain menjalankan bisnisnya, komitmen atas ESG tersebut merupakan upaya strategis Perseroan dalam mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)

Heppy menambahkan, pengelolaan program CSR dan Bina lingkungan, yang merupakan bagian dari ESG, menjadi Key Performance Indicator perusahaan. “Program CSR dan Bina Lingkungan yang kami lakukan di seluruh wilayah operasi, bermanfaat untuk menjaga keharmonisan antara perusahaan dan lingkungan sekitarnya, serta bagian dari misi Pertamina untuk mengelola energi yang berkelanjutan,” katanya.

Heppy menambahkan, Pertamina menyampaikan apresiasi kepada Majalah Investor dan Bumi Global Karbon Foundation, yang telah memberi perhatian terhadap perusahaan Indonesia yang telah mengelola isu lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan dengan baik.

Sementara itu, Pendiri Bumi Global Karbon Foundation (BGKF) Achmad Deni Daruri, selaku pemberi dan penyelenggara ESG Award 2020 mengatakan, ajang penghargaan ini mengacu pada penilaian pengungkapan tahun 2019. ESG Awards yang baru pertama kali diadakan ini, dimaksudkan untuk memotivasi perusahaan agar makin peduli pada lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan yang baik.

“Kita mengapresiasi perusahaan yang memiliki concern pada isu ESG, yang sudah merupakan isu global,” jelas Deni.

ESG, kata Deni, merupakan isu penting yang perlu diperhatikan perusahaan demi keberlanjutan perusahaan ke depan dan keberlangsungan kehidupan di dunia. Kepedulian pada ESG merupakan ciri perusahaan modern.