Kamis, 25 April, 2024

Vaksinasi Dijadwalkan Desember, PAN: Keselamatan Warga jadi Prioritas

MONITOR, Jakarta – Rencana pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang akan dilakukan pada Desember mendatang menuai perhatian dari anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PAN, Saleh Partaonan Daulay.

Saleh pun meminta pemerintah mendengar dan memperhatikan masukan dan saran beberapa organisasi profesi kedokteran terkait rencana pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Indonesia pada Desember 2020.

“Kalau betul pemerintah menjadwalkan vaksinasi di bulan Desember, berarti waktu yang tersedia tidak banyak. Apakah waktu sesingkat ini cukup untuk melakukan kajian dan pendalaman? Saya tidak tahu,” kata Saleh Daulay, dalam keterangannya.

“Kita kembalikan sepenuhnya kepada pemerintah. Tetapi ada satu pesan yang harus diingat, keamanan dan keselamatan warga negara harus di atas segalanya,” sambungnya.

- Advertisement -

Menurut Saleh, organisasi-organisasi tersebut telah menyampaikan secara terbuka agar pemerintah tidak terburu-buru melaksanakan vaksinasi massal kepada masyarakat. Mereka menginginkan adanya jaminan keamanan, imunogenitas, dan efektivitas vaksin sehingga mampu memberikan rasa aman di tengah masyarakat.

“Saya sangat setuju dengan saran, masukan, dan pertimbangan organisasi-organisasi profesi ini. Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (Papdi), Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) tentu tidak sembarangan memberikan pendapat. Tentu mereka sudah mengkaji dari berbagai aspek. Karena itu, sangat perlu didengar dan ditindaklanjuti,” terangnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER