Dapat Dana Hibah, Bamus Betawi 1982 Siap Sinergi Lestarikan Budaya

Ketua Umum Badan Musyawarah (Bamus) Betawi, Zainuddin (dok: Asep Monitor)

MONITOR, Jakarta – Kabar gembira bagi Badan Musyawarah (Bamus) Betawi pimpinan Zainuddin atau Haji Oding. Pasalnya, pada tahun ini, melalui APBD-Perubahan (APBD-P) organisasi tempat berhimpunnya ormas Betawi ini mendapatkan dana hibah.

“Alhamdulilah dengan perjuangan yang keras dan didasari rasa cinta kami kepada budaya kami, akhirnya Bamus Betawi yang terlahir di 1982 ini mendapat perhatian kembali dari Pemprov DKI,” ujar Haji Oding kepada MONITOR, Jumat (13/11)

Menurut Haji Oding, dengan tercantumnya Bamus Betawi 1982 dalam mata anggaran APBD Perubahan (APBD-P) Tahun Anggaran 2020, mengandung makna bahwa Bamus Betawi 1982 telah resmi dan mendapat pengakuan sebagai organisasi berhimpun ormas suku Betawi di Provinsi DKI Jakarta. Lantas berapa dana hibah yang bakal diterima Bamus Betawi 1982?

“Untuk nominal kami belum tahu persis. Namun dengan diakomodirnya kami dalam APBD itu sundah menjadi penghargaan bagi kami di Bamus Betawo 1982,” jawab Haji Oding.

Dikatakannya, jalannya pembahasan anggaran di DPRD DKI berlangsung panas dengan dinamika yang amat tinggi dan melelahkan.

“Semua partai politik, media, anggota DPRD dan Perangkat Pemda DKI mencermati dengan seksama jalannya rapat pembahasan ini. Alhamdulillah dengan perjuangan yang luar biasa, keberpihakan yang tinggi dan pendekatan yang terukur kita dapat melaluinya dengan baik,” ujarnya.

Ia menuturkan, melalui adu argumentasi yang sangat alot dalam rapat Badan Anggaran (Banggar), maka Bamus Betawi 1982 telah resmi tercantum dalam mata anggaran APBD Perubahan tahun 2020.

“Sekaligus pertanda Bamus Betawi 1982 telah mendapat legalitas pengakuan formal dalam Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta,” tegasnya.

Dengan adanya pengakuan ini, Haji Oding pun mengajak Pemprov dan DPRD DKI untuk bersinergis dan menyatukan visi dan misi dalam memajukan dan melastarikan Budaya dan masyarakat Betawi di tanah kelahirannya sendiri.

“Sekali lagi kepada Pak Anies sebagai Gubernur Jakarta, Kami Bamus Betawi siap bersinergis dan mendukung semua program pembangunan yang dicanangkan Pemprov DKI dengan terwujudnya maju kotanya bahagia warganya,” pungkasnya.