Arab Saudi Izinkan Umrah, DPR: RI Buktikan Mampu Tekan Covid-19

Wakil Ketua DPR RI Aziz Syamsudin (dok: kabar24)

MONITOR, Jakarta – Dibukanya kembali penyelenggaraan umrah di masa pandemi oleh pemerintah kerajaan Arab Saudi, menunjukkan bukti keseriusan Indonesia dalam menangani wabah virus Corona.

Wakil Ketua DPR RI Aziz Syamsuddin menyebut pemerintah Indonesia sudah cukup berhasil untuk membuktikan angka kasus Covid-19 semakin menurun. Hal ini tentu menjadi kabar bahagia bagi semua umat Islam di Indonesia.

“Dibukanya kembali Ibadah Umrah tentu menjadi angin segar. Sehingga bisa simpulkan bahwa selama pandemi kita mampu beradaptasi,” kata Azis, dalam keterangannya.

Legislator dari Fraksi Golkar itu berharap calon jemaah Umrah dapat mengikuti seluruh syarat yang diatur dalam Keputusan Menteri Agama atau KMA Nomor 719 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umrah pada masa pandemi Covid-19.

“Kebijakan mengenai ibadah ke tanah suci, diharapkan tetap mendapat pengawasan dan evaluasi, sesuai dengan perkembangan pandemi, baik di Indonesia maupun di Tanah Suci. Dimana, penerapan protokol kesehatan secara efektif mampu menurunkan resiko penularan Covid-19,” terangnya.

Selain itu, Aziz juga meminta Kemenag menyosialisasikan secara masif baik saat maupun setelah jemaah tiba di Tanah Suci, agar memenuhi persyaratan baik dari sisi kesehatan dan aturan yang diberlakukan Pemerintah Arab.