Ma’ruf Amin Dorong Pesantren sebagai Mesin Produksi Kapasitas SDM Unggul

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin

MONITOR, Jakarta – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan pesantren sebagai pusat pendidikan yang memberikan pemahaman keagamaan harus mampu mengambil peran yang signifikan dalam menyiapkan generasi masa depan.

Tentunya, kata Ma’ruf, pesantren harus mampu mensyiarkan nilai-nilai Islam dan menjelaskan Islam rahmatan lil aalamin (rahmat bagi semesta), Islam wasathiyah (moderat) dan Islam yang ahlusunnah wal jama’ah.

Ia menyadari jumlah pesantren yang sangat banyak tentu dapat menjadi agen perubahan baik melalui pendidikan, dakwah, dan pemberdayaan masyarakat.

“Pesantren berpotensi besar sebagai mesin produksi peningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam menghadapi tantangan dan perubahan global,” kata Ma’ruf Amin, Selasa (10/11).

Disamping itu, Ketua Umum MUI nonaktif ini menegaskan pesantren juga memiliki peran strategis dalam konteks kebangsaan dan kenegaraan.

Menurutnya, para pendiri bangsa telah bersepakat menjadikan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai bentuk negara dengan Pancasila sebagai dasarnya.