Dianggap Berjasa, Tjahjo Kumolo Terima Bintang Mahaputera Adipradana dari Jokowi

Penghargaan itu diberikan atas jasa Tjahjo Kumolo sebagai Mendagri periode 2014-2019.

Menpan RB, Tjahjo Kumolo, saat menerima penghargaan dari Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (11/11/2020). (Istimewa)

MONITOR, Jakarta – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo, menerima tanda kehormatan Bintang Mahaputera Adipradana yang dianugerahkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (11/11/2020).

Penghargaan tersebut diberikan atas jasa Tjahjo Kumolo sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) periode 2014-2019. 

Pada kesempatan tersebut, Tjahjo mengucapkan terima kasihnya kepada Jokowi atas penghargaan yang diberikan. Menurut Tjahjo, penganugerahan itu merupakan sebuah kehormatan atas pekerjaan yang dijalankan selama menjabat sebagai Mendagri. 

Tjahjo pun mempersembahkan penghargaan yang diterimanya itu untuk seluruh jajaran Kemendagri, Kemenpan RB, seluruh rekan media serta rekan partai politik.

“Penghargaan ini saya persembahkan bagi sahabat-sahabat saya yang mendukung saya sebagai pembantu Bapak Presiden Jokowi, termasuk kepada Bapak Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Bapak Yusuf Kalla. Rasa terima kasih saya sampaikan juga kepada Ibu Megawati Soekarnoputri sebagai Ibu dan pimpinan partai saya,” ungkapnya usai menghadiri penganugerahan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (11/11/2020).

Tjahjo juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran menteri atas kerja sama yang telah terjalin sebagai sesama pembantu presiden.

Selain Tjahjo Kumolo, penganugerahan juga diberikan kepada sejumlah menteri dan kepala lembaga dalam Kabinet Kerja. Menpan RB Periode 2018-2019, Syafruddin, mendapatkan penghargaan Bintang Jasa Utama, sementara Menpan RB Periode 2016-2018 Asman Abnur juga turut mendapatkan penghargaan Bintang Mahaputera Utama.

Beberapa yang turut hadir dan menerima penghargaan antara lain Menteri Koordinator bidang Kemaritiman 2016-2019 Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Luar Negeri 2014-2019 Retno Marsudi, Menteri Kelautan dan Perikanan 2014-2019 Susi Pudjiastuti dan Menteri Ketenagakerjaan 2014-2019 Hanif Dhakiri.

Selain itu, penghargaan Bintang Jasa Pratama dan Bintang Jasa Nararya juga diberikan kepada tenaga medis yang gugur dalam penanganan Covid-19.