Refleksi Hari Pahlawan, Jokowi Ajak Putus Rantai Penyebaran Covid-19

Presiden Jokowi didampingi wapres Maruf Amin memimpin Upacara Ziarah Nasional dalam rangka Peringatan Hari Pahlawan tahun 2020/ dok: BPMI

MONITOR, Jakarta – Peran para pahlawan di masa lampau memiliki andil sangat besar bagi perjalanan bangsa Indonesia. Hal tersebut diakui Presiden Joko Widodo, dalam memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November.

“Bangsa ini masih tegak berdiri dan maju berlayar mengarungi zaman karena perjuangan para pahlawan. Mereka hadir di setiap masa dan menyambut setiap tantangan,” kata Jokowi, Selasa (10/11).

Jokowi mengatakan, momentum ini harus menjadi pelajaran bagi generasi bangsa selanjutnya untuk meneruskan estafet perjuangan para pendahulu.

“Hari ini, kita mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur, sembari memancang tekad untuk meneruskan perjuangan mereka di palagan yang lain,” tutur Jokowi.

Salah satu perjuangan konkrit yang bisa dilakukan, kata Jokowi, yakni dengan berjuang memutus mata rantai penyebaran virus Corona hari ini.

“Perjuangan kita kini adalah memutus rantai penyebaran pandemi Covid-19 yang sudah delapan bulan mendera negeri ini,” seru Jokowi.