Biden-Haris Menangi Pilpres AS, AHY Optimis Ada Harapan Baru

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

MONITOR, Jakarta – Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menilai kemenangan Joe Biden di Pemilihan Presiden (Pilpres) Amerika Serikat, memberikan harapan akan tatanan dunia baru yang menyatukan keragaman, dan mengakhiri politik identitas yang memecah belah kemanusiaan.

“Saya menghargai antusiasme rakyat Amerika untuk berpartisipasi dalam perayaan demokrasi terbesar AS, bahkan selama pandemi Covid-19,” ujar AHY dalam keterangan resminya, Minggu (8/11).

“Pemilu AS berjalan dengan baik dan benar-benar mengakomodir preferensi pemilih dalam memberikan surat suara, baik melalui mail-in maupun tatap muka,” sambung putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini.

AHY mengaku dirinya selalu mengikuti perkembangan termasuk proses penghitungan suara di Pilpres AS. Menurutnya, kontestasi Pilpres AS sangat mengasyikkan dan mendebarkan, karena kedua kandidat bersaing ketat; baik pada suara populer dan suara elektoral.

“Sekali lagi, saya ingin mengucapkan selamat kepada Joe Biden dan Kamala Harris karena telah terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden AS untuk tahun 2020-2024,” ucap suami Annisa Larasati Pohan ini.