Kementan Bantu Pertanian Luwu dengan Alsintan

Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian, Sarwo Edhy

MONITOR, Belopa – Kementerian Pertanian (Kementan) memberikan dukungan untuk peningkatan pertanian di Kabupaten Luwu. Melalui Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP), Kementerian Pertanian memberikan bantuan berupa alat dan mesin pertanian (alsintan).

Alsintan yang diberikan Kementerian Pertanian melalui Ditjen PSP adalah 50 unit hand traktor untuk 50 kelompok tani, juga satu unit pompa air untuk masyarakat Desa Laloa Kecamatan Larompong Selatan.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan bantuan ini diharapkan bisa dimaksimalkan petani saat musim tanam.

“Oktober ini kita sudah memasuki musim tanam. Dengan bantuan alsintan yang yang diberikan, kita berharap bisa membantu petani menghadapi musim tanam dengan maksimal, dengan cepat. Sehingga produktivitas pertanian bisa bisa ikut ditingkatkan,” harap Mentan SYL, Sabtu (7/11/2020).

Harapan serupa disampaikan Dirjen PSP Kementerian Pertanian, Sarwo Edhy. Menurutnya, alsintan harus dimanfaatkan untuk membantu pertanian.

“Menghadapi musim tanam, petani bisa memanfaatkan hand traktor untuk mempercepat dan mempermudah proses olah tanah. Sehingga proses tanam pun bisa dipercepat,” tuturnya.

Menurut Sarwo Edhy, dengan menggunakan traktor proses olah tanah akan jauh cepat cepat dan efisien.

“Ada sejumlah keuntungan dengan memanfaatkan alsintan. Misalnya untuk olah tanah. Dengan cara manual, olah tanah bisa memakan waktu beberapa hari dengan melibatkan banyak orang. Tapi dengan alsintan traktor, olah tanah hanya beberapa jam, jauh lebih efisien,” katanya.

Keunggulan lain dari memanfaatkan alsintan adalah dapat membantu meningkatkan produktivitas.

“Dengan alsintan, losses bisa ditekan, sehingga produktivitas bisa semakin meningkatkan,” katanya.

Bantuan 50 unit hand traktor untuk Luwu, diserahkan kepada 50 Kelompok Tani, di aula rumah jabatan Bupati Luwu, Kelurahan Pammanu, Kecamatan Belopa Utara.

Bupati Luwu Basmin Mattayang, pemberian bantuan Hand Traktor bertujuan untuk meringankan kerja petani dalam mengolah lahan pertaniannya serta dapat meningkatkan taraf ekonomi dan kesejahteraan petani.

“Salah satu visi misi pemerintah kabupaten Luwu adalah meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan petani, sehingga berbagai upaya dilakukan untuk mecapai tujuan tersebut, diantaranya adalah meningkatkan sinergitas dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat serta melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terutama para anggota DPR RI. Olehnya itu, manfaatkan Hand Traktor ini dengan baik, dipelihara serta dipergunakan secara merata dan adil oleh seluruh anggota kelompok,” ujar H Basmin Mattayang.