Usai Gowes, Anies Janji Perbanyak Infrastruktur Kendaraan Ramah Lingkungan

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menggelar gowes sepeda bareng dengan para duta besar negara-negara Nordik

MONITOR, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menggelar gowes sepeda bareng dengan para duta besar negara-negara Nordik di sepanjang Jalan Senayan menuju Kantor Nordic Embassies, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, pada Kamis pagi (5/11).

Dalam acara ini, Jakarta dipilih untuk mengampanyekan kehidupan perkotaan yang sehat dan berkelanjutan serta transportasi ramah lingkungan.

Setelah bersepeda bersama sepanjang 8 kilometer, Anies mengungkapkan apresiasi kepada Duta Besar Uni Eropa, Denmark, Swedia, Norwegia, dan Finlandia yang mendukung penggunaan transportasi sepeda dengan mengadakan kegiatan The Nordic Bicycling Event. Anies berharap inisiasi ini akan semakin menambah peralihan masyarakat menggunakan kendaraan yang ramah lingkungan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada para dubes negara-negara Nordik yang pada hari ini merasakan dan merayakan penggunaan sepeda yang lebih masif di Jakarta. Harapannya nanti lebih banyak lagi yang melakukan kegiatan seperti ini,” ujar Anies.

Kata Anies, semangat yang dikemas oleh para duta besar negara-negara nordik ini sejalan dengan komitmen Pemprov DKI untuk terus meningkatkan infrastruktur bagi kendaraan ramah lingkungan dan pejalan kaki. Seperti diketahui, Pemprov DKI Jakarta memiliki target untuk membangun jalur sepeda hingga 500 kilometer di seluruh Jakarta.

“Nah kami di Pemprov DKI menyambut baik, mengapreasiasi dan memang kita sedang mendorong masyarakat menggunakan alat transportasi yg ramah lingkungan. Karena itu pembangunan infrastruktur untuk fasilitas ramah lingkungan baik trotoar pejalan kaki, jalur sepeda, kendaraan umum, kita dorong supaya Jakarta menjadi kota yang lebih ramah lingkungan,” ungkapnya.

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga memiliki program Jakarta Langit Biru yang bertujuan mendorong masyarakat untuk beralih kepada kendaraan-kendaraan yang lebih ramah lingkungan untuk menjaga ekologi Jakarta.

“Kami menyadari bahwa selama masa pandemi COVID-19 ini ada suasana baru. Ketika polusi berkurang, langit biru ada di Jakarta. Beberapa bulan kita rasakan itu, kita berharap program kita “Jakarta Langit Biru”, yakni mendorong lebih banyak kendaraan berbasis listrik, energi ramah lingkungan akan bisa lebih besar lagi,” terang Anies.

Anies berharap agar kesadaran masyarakat tentang lingkungan bisa meningkat. Karena daya tahan sebuah kota ditentukan bukan hanya perekonomiannya saja melainkan keseimbangan antara ekonomi dan ekologi.