TNI AL Evakusi Medis ABK MV Norwegia Escape

16 ABK terdiri dari empat Warga Negara Indonesia (WNI) dan 12 Warga Negara Asing (WNA)

Proses evakuasi medis ABK MV Norwegia Escape di JICT II Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (5/11/2020). (Dispenal)

MONITOR, Jakarta – TNI Angkatan Laut (AL) melaksanakan evakuasi medis terhadap 16 Anak Buah Kapal (ABK) dari Kapal Pesiar MV Norwegia Escape melalui dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT) II Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (5/11/2020).

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) III Jakarta, Brigjen TNI (Mar) Hermanto, mengungkapkan bahwa debarkasi 16 ABK terdiri dari empat Warga Negara Indonesia (WNI) dan 12 Warga Negara Asing (WNA) serta embarkasi 95 WNI yang terdiri dari 85 pria dan 10 wanita.

“Tiba di Indonesia, kapal yang melaksanakan pelayaran dari Philipina ini melakukan lego jangkar sekitar 1,7 mil laut di Teluk Jakarta untuk debarkasi 16 ABK-nya dan embarkasi sebanyak 95 ABK dengan menggunakan tenderboat menuju pelabuhan JICT II setelah sebelumnya dilaksanakan pemeriksaan oleh KKP,” ungkapnya di Jakarta, Kamis (5/11/2020).

Hermanto menyampaikan, pelayaran dari kapal menuju dermaga dikawal kapal patroli Lantamal III dan Tim Kopaska Koarmada I untuk pengamanan sesuai dengan perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono.

“Tiba di dermaga JICT II, ABK disambut  Tim Satgas evakuasi dan langsung melaksanakan protokol kesehatan Covid-19 terhadap personel maupun barang bawaannya,” ujarnya.

Hermanto mengatakan, kegiatan diawali dengan cek suhu tubuh dan penyemprotan cairan disinfektan oleh petugas yang sudah dilengkapi pakaian Alat Pelindung Diri (APD). Sementara itu, barang bawaan wajib melalui X-ray dari Tim Bea Cukai setelah diperiksa dengan menggunakan anjing pelacak/K-9 dari Pom Lantamal III dengan tujuan mengantisipasi adanya barang terlarang seperti narkotika.

“Selanjutnya mereka dibawa menuju Hotel Mercure Batavia yang telah direkomendasikan oleh Gugus tugas penanganan Covid-19 DKI Jakarta, untuk selanjutnya di-Swab/PCR test di ruangan hotel,” katanya.

Sementara itu, Hermanto menambahkan, embarkasi sebanyak 95 WNI dari dermaga JICT II Pelabuhan Tanjung Priok menuju Kapal pesiar MV Norwegia Escape telah ditangani oleh pihak Imigrasi serta pemeriksaan pihak Bea Cukai Pelabuhan Tanjung Priok dengan penanganan prosedur protokol Covid-19 oleh KKP Tanjung Priok dan telah dinyatakan aman.