Raih 225 Suara Electoral, Joe Biden Optimis Menangi Pilpres AS

Calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Joe Biden/ dok: BBC

MONITOR, Washington – Persaingan ketat tampak terlihat dalam penghitungan suara di Pemilihan Presiden (Pilpres) Amerika Serikat 2020. Siang ini, tepatnya pukul 14.30 WIB, perolehan suara Joe Biden mengungguli suara Donald Trump.

Berdasarkan informasi perolehan suara yang dilansir Aljazeera, Biden kini meraup suara elektoral sebanyak 225, berselisih tipis dengan Trump yang meraup 213 suara. Perolehan suara keduanya masih sangat dinamis dan saling menyusul.

Di negara bagian Arizona, Biden meraup perolehan suara 52,4 persen mengungguli Trump yang meraup 46,3 persen. Sementara di Pennsylvania, Trump mendominasi dengan perolehan suara 56,2 persen, sementara Biden mendapatkan 42,5 persen suara.

Di Michigan, Trump juga unggul dengan meraup 53 persen suara, sementara Biden mendapatkan 45,2 persen suara. Di negara bagian Georgia, Trump mendapatkan 50,6 persen, dan Biden mendapatkan 48,1 persen. Sedangkan di Wisconsin, Trump mendapatkan 51,1 persen sedangkan Biden mendapatkan 47,2 persen.

Melihat perolehan ini, Biden semakin optimis dirinya bakal memenangkan Pilpres 2020 sekalipun Trump sudah memenangkan kantong suara di sejumlah medan mulai dari Florida, Ohio dan Texas.