Mentan SYL Lepas Ekspor Asam Amino Pakan Hewan ke Eropa dan Asia

MONITOR, Pasuruan – Kementerian Pertanian (Kementan) melepas ekspor perdana bahan baku asal hewaan Feed Suplement Tryptophan Granule (asam amino pakan hewan), Selasa (3/11). Bahan baku asal hewan tersebut diproduksi oleh PT. Chil Jedang Indonesia.

Hadir dalam ekspor perdana tersebut, Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL) memberikan apresiasinya kepada PT Cheil Jedang Indonesia yang mampu melakukan total ekspor sebanyak 327 ton dengan nilai USD 1,5 juta atau sekitar Rp.22,5 miliar ke pasar Eropa dan Asia, diantaranya yakni Jerman, Inggris, Vietnam, India dan Prancis, serta Polandia dan Belanda.

“Kami mengucapkan selamat atas terealisasinya ekspor pada hari ini, berarti semua yang telah diupayakan oleh pihak perusahaan telah membuahkan hasil yang baik,” ujar Menteri SYL dalam sambutannya di lokasi pelepasan ekspor.

Menurut Mentan, kebutuhan asam amino dalam negeri rata-rata per tahun sebanyak 53.226 ton dengan kapasitas produksi dalam negeri sebesar 381.500 ton. Maka, ada potensi ekspor asam amino sebesar 328.274 ton sampai dengan bulan September 2020 sudah terealisasi ekspor sebanyak 119.496 ton.

Mentan juga mengatakan, ekspor dan investasi yang kini tengah ditingkatkan tersebut sejalan dengan pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyebut ekspor dan investasi adalah kunci penting untuk kemajuan ekonomi Indonesia. Dengan ekonomi yang tumbuh, diharapkan dapat menekan ketimpangan, kesenjangan dan kemiskinan.

“Karena itu saya sangat menghargai, saat mengapresiasi lompatan kemajuan dari PT Cheil Jedang Indonesia yang pertama kalinya melaksanakan ekspor bahan asal hewan berupa asam amino. Saya berharap PT. Cheil Jedang Indonesia terus meningkatkan kinerja ekspornya di pasar internasional,” tandas Mentan SYL.