Luhut: Sudah Saatnya Kita Benahi Ketahanan Pangan Nasional

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan

MONITOR, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, mengatakan ketahahan pangan negeri ini perlu dibenahi semenjak adanya peringatan terkait ancaman krisis pangan dunia akibat pandemi Covid-19 dikeluarkan oleh Organisasi PBB untuk pangan dan pertanian dunia (FAO) di bulan Maret 2020.

“Saya berpikir sudah saatnya kita harus membenahi ketahanan pangan nasional kita,” kata Luhut Binsar Panjaitan, belum lama ini.

Ia menyatakan, meskipun indeks ketahanan pangan nasional Indonesia naik, nyatanya tidak selaras dengan ketahanan pangan mandiri nasional karena masih adanya peningkatan jumlah impor bahan pangan setiap tahunnya.

“Hari ini kita mungkin belum merasa resah karena bahan pangan masih tersedia, namun krisis pangan global sudah mengintai dari jauh,” kata Luhut.

Oleh karena itu, Luhut memberikan semangat dan optimisme agar bangsa Indonesia tidak boleh tinggal diam. Beberapa terobosan dan langkah harus terus diupayakan demi mempersiapkan segala kemungkinan yang terjadi di masa mendatang.

“Sehingga kelak ketika pandemi ini usai, Indonesia akan mencapai cita-cita besarnya yaitu Ketahanan Pangan Nasional secara mandiri lewat swasembada pangan secara keseluruhan serta merajai ekspor bahan pangan di seluruh dunia,” pungkasnya.