Kamis, 28 Maret, 2024

Dibantu RJIT, Petani Cibadak Sukabumi Bisa Percepat Tanam Padi

MONITOR, Jabar – Dukungan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier (RJIT) yang dilakukan Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian, sangat membantu petani di Desa Ciheulang Tonggoh, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Bantuan tersebut membuat petani bisa melakukan percepatan tanam padi.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas adalah dengan mempercepat tanam.

“Mempercepat tanam padi bisa dilakukan jika ketersediaan air mencukupi. Untuk mendukung ketersediaan air itu, Kementerian Pertanian melakukan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier untuk memastikan air sampai ke petak-petak lahan persawahan,” katanya, Kamis (29/10/2020).

Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian, Sarwo Edhy, mengatakan kegiatan RJIT di Desa Ciheulang Tonggoh, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, dilakukan Kelompok Tani Gumbira.

- Advertisement -

“Sebelum kita lakukan rehabilitasi, kondisi saluran irigasi di tempat tersebut masih berupa tanah. Akibatnya distribusi air ke lahan sawah kurang lancar. Karena sering terjadi kehilangan air akibat tanah yang porus,” terangnya.

Oleh Ditjen PSP, saluran ini direhabilitasi dan dijadikan saluran permanen menggunakan konstruksi pasangan batu dengan 1 sisi lining saluran.

Dampaknya sangat positif. Karena, luas layanan irigasi menjadi bertambah, dari 15 hektare (Ha) menjadi 35 Ha. Begitu juga dengan produktivitas, yang meningkat dari 6 ton/ha, menjadi 6,5 ton/ha. Atau ada penambahan 5 kwintal per hektar

“Pada lokasi ini intensitas pertanaman (IP) sebelum diperbaiki 250 atau 2,5 kali tanam dalam 1 tahun. Namun setelah perbaikan saluran IP menjadi 300 atau 3 kali tanam dalam 1 tahun. Selain meningkatkan IP dan Provitas Dampak lain dari rehabilitasi saluran ini adalah dapat dilakukannya percepatan tanam padi, terutama pada Musim Tanam II dan III,” katanya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER