Soal Moral Prajurit, Kabintaldam Kasuari: Harus Terus Dipelihara dan Ditingkatkan

Jika dihadapkan pada indikasi menurunnya keimanan dan disiplin prajurit dengan adanya tindak pelanggaran

Sosialisasi juknis tentang penyelenggaraan bintal fungsi komando TA 2020 di aula Makodam XVIII/Kasuari, Trikora-Arfai 1, Manokwari, Papua Barat, Kamis (22/10/2020). (Pendam XVIII/Kasuari)

MONITOR, Manokwari – Kabintaldam XVIII/Kasuari, Kolonel Czi Didik Marhedi, mengungkapkan bahwa mental, moral dan perilaku prajurit harus terus dipelihara dan ditingkatkan.

Hal itu disampaikan Didik dalam acara sosialisasi petunjuk teknis (juknis) tentang penyelenggaraan pembinaan mental (bintal) fungsi komando Tahun Anggaran (TA) 2020 di aula Makodam XVIII/Kasuari, Trikora-Arfai 1, Manokwari, Papua Barat, Kamis (22/10/2020).

Didik menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi bintal fungsi Komando itu bertujuan untuk menambah pengetahuan dan pemahaman di bidang pembinaan mental agar mampu membentuk, memelihara, meningkatkan dan memantapkan kondisi mental Prajurit.

Untuk itu, menurut Didik, diharapkan para prajurit bisa memahami fungsi dan peran bintal secara mendalam dan menyeluruh agar dapat menambah wawasan pembinaan mental kepada diri sendiri dan orang lain.

Lebih lanjut, Didik menuturkan bahwa peran dan fungsi bintal itu agar dijadikan bagian integral dalam melakukan pembinaan personel sehingga prajurit memiliki integritas moral yang mantap dalam mendukung pelaksanaan tugas pokok satuannya. 

“Kondisi mental kepribadian, moral dan perilaku prajurit harus terus dipelihara dan ditingkatkan, dihadapkan pada indikasi menurunnya keimanan dan disiplin prajurit dengan adanya tindak pelanggaran disiplin maupun hukum terutama dengan adanya keterlibatan oknum prajurit terhadap penyalahgunaan narkoba dan radikalisme,” ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima MONITOR, Jakarta, Minggu (25/10/2020).

Selanjutnya, Didik juga mengingatkan bahwa gejala menurunnya keimanan, disiplin dan meningkatnya tindak pelanggaran tersebut perlu segera diantisipasi dan dicarikan solusinya agar dampaknya tidak meluas dan dapat merusak nama baik serta citra TNI di mata masyarakat.

“Untuk itu, pimpinan Angkatan Darat segera memberikan petunjuk untuk melakukan berbagai upaya antisipasi seperti yang akan dilaksanakan hari ini,” ujarnya. 

Sekadar informasi, dalam sosialisasi bintal fungsi komando tersebut diikuti oleh personel Kodam XVIII/Kasuari dengan mengusung tema ‘Melalui Sosialisasi Bintal Fungsi Komando, Kita Wujudkan Kesamaan Persepsi dan Pemahaman Teknis Bintal Fungsi Komando Guna Mendukung Tugas Pokok TNI AD’.