Siaga Bencana, Damkar Depok Sisir Sungai Ciliwung

MONITOR, Depok – Dengan menggandeng sejumlah komunitas pencita alam, Bidang Penanggulangan Bencana (PB) Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok menyisir sungai Ciliwung, Jumat (23/10).

Kepala Bidang PB Damkar Depok Denny Romulo Hutauruk mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan bencana mengahadapi musim hujan.

“Ini kita lakukan untuk kesiapsiagaan menghadapi musim hujan. Selama kegiatan (sisir sungai) relawan kita minta untuk mencatat titik rawan longsor dan lokasi sampah,” kata Denny ditemui seuasi kegiatan, Jumat (23/10).

Dijelaskan Denny, dari hasil pantauan sepanjang Ciliwung, mulai tol Juanda hingga di wilayah Pasir Gunung Selatan (PGS) terdapat tiga titik rawan longsor.

“Ada tiga titik longsor yang kita temukan, diduga akibat pengerukan yang dilakukan warga sekitar untuk mendirikan bangunan,” jelasnya.

Sedangkan, lanjut Denny, untuk titik sampah ada dua kategori yang ditemukan. Pertama sampah liar limbah masyarakat dan sampah bekas hanyutan banjir.

“Sampah liar sepanjang kali Ciliwung (kolong Tol Juanda hingga PGS) terdapat belasan titik. Sedangkan, sampah banjir terlihat di sepanjang Ciliwung, ini harus ditangani segera,” ujarnya.

Untuk itu Denny mengatakan, dengan adanya temuan longsor dan sampah-sampah tersebut, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan pihak terkait guna mengambil tindakan.

“Kita akan segera berkoordinasi dengan pihak terkait, seperti DLHK, DPUPR, dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung Cisadane,” pungkasnya.

Sekedar informasi, dalam susur sungai Ciliwung, PB Damkar Depok mengerahkan 7 unit perahu karet. Dan diikuti oleh 50 relawan yang berasal dari Komunitas Ciliwung, ACT, Sintas, MRI dan Retana.