Ridwan Kamil Sebut Vaksin Covid-19 Tidak Diperuntukkan Semua Usia

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat memberikan keterangan pers di Puskesmas Tapos.

MONITOR, Depok – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, tidak semua golongan usia dapat diberikan vaksinasi. Berdasarkan kajian hanya usia dewasa yang diperbolehkan melakukan vaksinasi covid-19.

“Sesuai hasil kajian, kalangan masyarakat yang akan diberi vaksin adalah usia 18-59. Untuk usia dibawah 18 tahun dan diatas 59 tahun harus menggunakan rekomendasi dari dokter,” kata Ridwan Kamil saat di Puskesmas Tapos, Depok, Kamis (22/10).

Dia menjelaskan vaksin yang diteliti oleh Bio Farma selaku produsen dalam negeri hanya menggunakan relawan dengan usia rata-rata 18-65 tahun.

“Karena relawannya tidak ada yang balita. Semua relawannya usia 18-65 tahun, jadi kalo berhasil, ya berhasilnya di usia (18-59 tahun) itu,” ujarnya.

Dampak penggunaan vaksin Covid-19, menurut kang Emil tidak hanya untuk diri sendiri, namun bermanfaat pada lingkungan sekitar atau akan lahir kekebalan kelompok (health immunity).

“Kalau sekarang ngga pakai vaksin, Covid-19 ini tular menular terus menerus. Maka yang sudah diberi vaksin, dia jadi benteng kepada yang belum di vaksin walaupun bergaul atau berkerumun dengan orang-orang yang kena Covid-19,” katanya.