Sabtu, 27 April, 2024

Jokowi Perintahkan Anak Buahnya Percepat Belanja Bansos

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo mengungkapkan, di masa pandemi ini, pemerintah pusat telah menyalurkan berbagai skema program perlindungan sosial, dari PKH, bantuan sosial tunai, BLT Dana Desa, Kartu Prakerja, Subsidi Gaji, hingga Bansos Produktif untuk Bantuan Modal UMKM.

Penyaluran bantuan sosial ini dalam rangka menjaga daya beli masyarakat di masa-masa sulit. Jokowi mengatakan, dengan berbagai skema bantuan tersebut, pemerintah berharap konsumsi rumah tangga semakin meningkat, menaikkan kembali permintaan, dan akhirnya akan mendorong tumbuhnya penawaran atau pasokan.

“Saya juga meminta pemerintah daerah dapat memperkuat kebijakan pemerintah pusat itu dengan mempercepat realisasi APBD terutama belanja bantuan sosial dan belanja modal yang mendukung pemulihan ekonomi termasuk untuk sektor UMKM,” kata Jokowi di Istana, Jumat (23/10).

Selain itu, dirinya juga meminta agar belanja kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah lebih mengutamakan penyerapan produk-produk dalam negeri.

- Advertisement -

“Saya meminta pemerintah daerah untuk dapat membangun optimisme kepada masyarakat terkait penanganan pandemi Covid-19 yang dilakukan oleh pemerintah pusat dan daerah,” pungkas Jokowi.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER